Tampilan Desktop


Industri Wisata Siap Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Butur
56 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki obyek wisata yang cukup kaya, baik wisata alam maupun wisata budaya.

Dilihat dari potensi alamnya, Butur mempunyai hutan tropis, hutan konservasi, pantai dan laut yang mengandung satwa endemik dan beragam biota laut. Sedangkan potensi budaya terdapat Benteng, dan banyak ritual-ritual adat yang diselenggarakan oleh masyarakat secara berkala yang hingga saat ini masih terus dipertahankan.

Hal itu terungkap dalam Workshop Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona yang dirangkaikan dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat Destinasi Pariwisata, di Hotel Beach Butur (8/10/2015).
 
Bupati Butur Saemu Alwi melalui Asisten Administrasi Umum Rusdin Sabia mengatakan, untuk mengelola dan mengembangkan potensi kekayaan alam serta budaya tersebut menuju industri pariwisata, dibutuhkan partisipasi semua pihak, mulai dari kesiapan pemerintah dan masyarakat di daerah hingga membangun kerja sama dengan pemerintah di tingkat provinsi maupun pusat.

” Melalui bimtek dan pelatihan peningkatan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata, nantinya akan mengangkat perekonomian daerah dan masyarakat,” ungkapnya.

pelatihan workshopHal yang sama juga disampaikan Rusdin, Kepala Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata Butur Ruslan. Menurutnya, mengelola kekayaan potensi wisata, memerlukan keterlibatan banyak pihak, tidak semata-mata mengharapkan program Pemerintah daerah.

“Kita libatkan transportasi, penginapan/perhotelan dan sarana prasarana penunjang lainya. Tidak hanya itu, membangun SDM juga penting agar kesadaran masyarakat atas menciptakan kondisi sosial yang aman, damai dan ramah terhadap pengunjung (wisatawan) mancanegara maupun dalam negeri,” terangnya.

Ruslan juga menjelaskan, wisatawan dari luar maupun lokal bisa nyaman dan betah di Butur kalau pemerintah dan masyarakat sadar akan pentingnya kepariwisataan. Wisatawan berkunjung pasti bawa uang, uang itu akan dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhanya selama berada di daerah wisata dan ingin membawa pulang oleh-oleh yang tidak ada di tempat asalnya.

” Masyarakat Buton Utara dapat memanfaatkan peluang bisnis kepariwisataan, agar pertumbuhan ekonomi seiring dengan aktifitasnya dapat mengankat pendapatan daerah dan masyarakat,” imbuhnya.

Adapun peserta kegiatan ini selain dari Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata sendiri, juga melibatkan para pelaku usaha, pemerintah Kecamatan, Lurah/Desa, serta dari pihak kepolisian, dengan menghadirkan pemateri  dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com