Tampilan Desktop



Infrastruktur Jalan dan Irirgasi Masih Jadi Keluhan Masyarakat Konawe
14 Dibaca

Seperti yang disampaikan salah seorang warga SP A, Kecamatan Tongauna, Parman, yang mengaku bahwa jalan yang menghubungkan beberapa wilayah belum tersentuh aspal sedikitpun. Bahkan dirinya menganggap

Seperti yang disampaikan salah seorang warga SP A, Kecamatan Tongauna, Parman, yang mengaku bahwa jalan yang menghubungkan beberapa wilayah belum tersentuh aspal sedikitpun. Bahkan dirinya menganggap jalan di wilayahnya mirip dengan kubangan kerbau, karena kalau musin hujan masyarakat bermandikan lumpur dan ketika musim panas masyarakat bermandikan debu. 
“Kami sangat berharap para wakil kami yang duduk di DPRD Konawe, dapat menyampaikan keluhan kami ini. Kami tidak butuh bantuan apapun selain jalan kami di aspal dan irigasi kami juga di perbaiki, karena inilah yang paling utama untuk membantu masyarakat khususnya  petani sawah,” Kata Parman
Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Arifudin, yang meminta anggota DPRD Konawe untuk memprioritaskan perbaikan infrastruktur jalan tonggauna abuki yang rusak parah. Terlebih wilayah Abuki dan Tongauna sendiri adalah pemasok beras terbesar di Kabupaten Konawe, sehingga kalau jalan dan irigasi masih seperti itu dikhawatirkan hasil panen petani akan terus mengalami penurunan.
“Karena kenapa, kalau irigasi tidak segerah diperbaiki sawah-sawah petani tidak mendapatkan pasokan air yang cukup untuk sawahnya, nah kalau ini terjadi hasil panen petanipun akan mengalami penurunan, ini juga bias berdampak mahalnya harga beras ke depan,” Kata Arifudin.
Menaggapi hal tersebut, legislator Knawe yang menjadi ketua rombongan dalam reses tersebut, Husnia Nuhung Makati, meminta masyarakat untuk memberikan kepercayaan kepada anggota DPRD Konawe dapil V untuk memperjuangkan aspirasi mereka. Pihaknya juga akan meminta kepada instansi terkait tentang aspirasi masyarakat tersebut.
“Tapi kami tidak akan menjanjikan kapan ini terealisasi, tapi akan terus perjuangkan. Kalau masalah jalan, mungkin tahun ini sudah akan diperbaiki karena sudah anggaran yang kami setujui, tinggal ektionnya saja yang belum kita tahu,” jelas Husnia di hadapan puluhan masyarakat. 
Mengenai jalan poros Tongauna-Abuki lanjutnya, itu adalah jalan provinsi. Namun terkait itu pihaknya juga akan menyampaikan  kepada Pemerintah Provinsi Sultra untuk dicarikan solusinya
Dalam reses tersebut, semua anggota DPRD Konawe yang terpilih melalui Dapil V Konawe hadir untuk mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Diantaranya Husnia Nuhung Makati (PAN), Mustakim (Demokrat), Djumrin Haba (Golkar), Ngadiman (PKS), Abduh Rakhman (PBB), Fakhrudin (Nasdem), Benny Setiadi B (PAN), Kadek Ray Suriani (Gerinra), Suriana (PDIP) dan Irawati (PBB). (**Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free