Tampilan Desktop

Ini Alasan Anak-Anak Dilarang Menggunakan Kawat Gigi
304 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Anak usia di bawah 14 tahun dianjurkan untuk tidak memakai kawat gigi (Brances). Menurut drg. Dian Fatmawati, anak umur 14 tahun ke atas sudah diperbolehkan menggunakan kawat gigi.

Lalu apa alasannya anak di bawah 14 tahun tidak diperbolehkan menggunakan kawat gigi?, dokter gigi ini menjelaskan bahwa anak seusia itu giginya masih dalam masa pertumbuhan, sehingga dengan pemasangan braces akan menghambat pertumbuhan gigi dan rahang.

Ini Alasan Anak-Anak Dilarang Menggunakan Kawat Gigi

Drg. Dian Fatmawati (tengah)

Disampaikan Dian, yang biasa digunakan gigi anak disebut space maintainers. Itu adalah sejenis alat lepasan untuk mempertahankan ruangan untuk gigi tetap.

“Alat ini juga digunakan oleh orang dewasa,” tutur Dian saat ditemui di tempat prakteknya di Jalan Sao Sao Kendari, Rabu (30/11/2016).

Selain itu, penggunaan kawat gigi di usia yang tidak tepat, akan mempengaruhi ujung akar gigi yang belum menutup sempurna. Sehingga saat melakukan pergerakan yang berlebihan di dalam mulut, kondisi akar gigi bisa mati.

Pemasangan kawat gigi, lanjut Dian, bisa dilakukan selama satu tahun setengah sampai dua tahun dengan syarat melakukan kontrol secara rutin. Satu tahun itu, proses pergerakan, enam bulan proses penyembuhan.

Jadi, pada masa satu tahun akan dilakukan kontrol. Setelah itu, dalam proses penyembuhan kondisi Braces atau Bracket tidak akan ada pergerakan (diam). Agar gigi yang telah digerakkan tidak kembali seperti semula.

“Biasa pasien melihat giginya sudah bagus, tapi belum pada tahap penyembuhan. Dia langsung mau melepas, akibatnya nanti giginya akan balik lagi. Olehnya itu, butuh waktu yang cukup lama untuk menguatkan akar gigi yang telah digerakkan tadi,” ujarnya.

Dia mengatakan, tujuan penggunaan kawat gigi (braces) sendiri adalah untuk memperbaiki kondisi gigi yang tidak beraturan, agar fungsi proses mengunyah bisa lebih baik.

“Tentunya estetika juga, karena kalau senyum kan akan menampilkan gigi kita,” tutup Dian. (B)

 

Penulis : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com