Tampilan Desktop



Ini Besaran Upah Minimum yang Disepakati Pemprov Sultra
2786 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyepakati Upah Minimum Pekerja (UMP) di wilayah Sultra. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sultra, Saemu Alwi setelah berdialog dengan beberapa perwakilan serikat buruh di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Senin (1/5/2017) siang tadi.

ilustrasi ump sultra

Ilustrasi

Adapun upah minimum yang disepakati untuk tahun ini adalah Rp 2.202.625. Kata Saemu, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, peningkatan upah minimum di Sultra terbilang pesat. Tercatat pada tahun 2009, UMP di Sultra hanya Rp.770.000. Artinya, dari tahun 2009 hingga 2017 UMP di Sultra mengalami peningkatan sebanyak Rp.1.232.625 atau 106,08 persen.

“Setiap tahunnya kita memang selalu duduk bersama pihak perusahaan dan perwakilan serikat buruh untuk mendiskusikan hal ini. Dan tiap tahunnya UMP ini memang mengalami peningkatan yang signifikan. Dan tutuntutan para buruh atau pekerja yang menginginkan untuk kenaikan gaji, itu manusiawi,” kata Saemu Alwi.

Jika dirata-ratakan, UMP di Sultra tiap tahunnya mengalami peningkatan sebesar 28,89 persen.

Mewakili pemerintah provinsi, Saemu berjanji akan menjadi fasilitator antara pihak pekerja dan perusahaan. Dengan itu ia berharap agar seluruh pekerja bisa bekerja secara profesional sehingga gaji bisa berbanding lurus dengan cara kerjanya.

Melalui peringatan Hari Buruh yang jatuh pada hari ini, Saemu Alwi menghimbau agar seluruh pekerja atau buruh khususnya di Sultra  bisa menikmati hari libur dengan bergembira bersama keluarganya.

“Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara mengucapkan selamat hari buruh atau May Day. dengan itu kita berharap seluruh pekerja di Indonesia terkhusus di Sulawesi Tenggara bisa menikmati hari libur tersebut dengan bersuka ria bersama keluarga,” ucap Saemu. (B)

 

Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free