Tampilan Desktop

Ini Cara BLH Jadikan Kendari Kota Hijau
68 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Geliat pembangunan di Kota Kendari yang terbilang begitu pesat tidak menjamin kota ini bebas dari ancaman kerusakan lingkungan. Penebangan hutan secara liar, penambangan galian C dan pendangkalan teluk Kendari merupakan bukti bahwa kerusakan lingkungan juga mengintai ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui badan lingkungan hidup (BLH) terus berupaya agar kerusakan-kerusakan lingkungan yang terjadi bisa diminimalisir. Pemerintah gencar melakukan pembangunan yang berwawasan lingkungan. 

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari Rusnani mengatakan, antisipasi dini terus dilakukan pihaknya untuk mencegah dampak kerusakan lingkungan yang akan ditimbulkan oleh tiga hal tersebut di atas. Diantaranya, melakukan pemetaan terhadap lokasi hutan yang sudah mengalami kerusakan parah, melakukan rehabilitasi terhadap wilayah eks penambangan galian C dan meminimalisir meningkatnya sedimentasi di teluk Kendari.

rusnani blhKhusus untuk kerusakan hutan di Kota Kendari, lanjut Rusanani, BLH terus gencar melakukan program penanaman pohon di lokasi-lokasi yang dinilai telah mengalami kerusakan parah. Sedangkan untuk eks tambang galian C pihaknya berkoordinasi dengan perusahaan pengelola tambang tersebut untuk melakukan rehabilitasi lokasi. “

Untuk teluk Kendari, Pemerintah Kota Kendari telah membuat kantong-kantong penampung lumpur di sepanjang teluk dalam bentuk tambat labu. Harapan kami, hal ini dapat berjalan dengan maksimal untuk meminimalisir meningkatnya volume sedimentasi teluk Kendari, “ kata Rusnani di kediamannya, Sabtu (23/5/2015).

Meski begitu kata Rusnani, peran dari seluruh stakeholder termasuk masyarakat itu sendiri sangat menentukan berhasil atau tidaknya program yang dikerjakan pemerintah. Tanpa adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungan, maka pemerintah juga akan kesulitan untuk menyukseskan berbagai program.

Saat ini, aku Rusnani, kerusakan lingkungan di Kota Kendari paling banyak ditimbulkan oleh dua hal. Pertama, adanya perambahan hutan di wilayah Tahura dan kedua pengelolaan tambang galian C yang banyak menimbulkan persoalan lingkungan. “Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga lingkungan, sehingga program Pemerintah Kota Kendari untuk menjadikan Kota Kendari sebagai green city dapat direalisasikan,” ujarnya.

Sukses Bangun Kendari, Walikota Didaulat Jadi Pemateri Seminar Nasional

Sukses membangun Kota Kendari, Walikota Kendari Asrun didaulat untuk menjadi salah satu pemateri dalam seminar nasional sosialisasi UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang digelar Asosisasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Jakarta, Kamis (21/5/2015) lalu.Dalam kegiatan seminar yang dirangkaikan dengan peluncuran buku Best Practice jilid 10 ini, Asrun membawakan materi tentang program pengelolaan sampah menjadi energi alternatif.

Dalam pemaparannya, Asrun menjelaskan sejumlah progam unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, seperti pengelolaan sampah menjadi gas metan di TPA Puwatu dan beberapa program unggulan lainnya seperti revitalisasi pasar dan diversifikasi pangan.

asrun kendariiDi hadapan para peserta seminar, Asrun menjelaskan proses terbentuknya gas metan, dimulai dari timbunan sampah yang diangkut dinas kebersihan menuju TPA Puwatu. Kemudian sampah-sampah tersebut diurug dengan tanah untuk membuat instalasi gas metan. 
 
Gas yang dihasilkan selanjutnya dialirkan melalui pipa-pipa ke kompor milik warga dan juga ke genset lalu diubah menjadi aliran listrik yang disalurkan ke rumah warga di kampung mandiri energi.
 
“Kata kunci pengelolaan gas metan di TPA Puwatu adalah perubahan kalburator mesin mobil dari bahan bakar premium yang cair menjadi gas metan, kalau kompor itu sudah bisa dan banyak yang sudah buat,” kata Asrun.
 
Sukses di TPA Puwatu lanjut Asrun, dirinya kemudian mereplikasi pengelolaan gas metan tersebut di pasar pedagang kaki lima (PKL) untuk melayani para pedagang yang berjualan di pasar tersebut. 
 
 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com