Tampilan Desktop


Ini Daerah Prioritas Pemekaran di Sultra
14 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Usulan daerah pemekaran baru di Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah berproses di DPRD Provinsi Sultra. Jika tidak banyak hambatan daerah-daerah yang diusulkan akan segera menjadi daerah otonomi baru.

Kepala biro administrasi pemerintahan Muhammad Zayat, menyebutkan daerah-daerah prioritas untuk mekar yakni Konawe Timur (dari Konawe Selatan), Kabaena (Bombana), Muna Timur (Muna), Pakue (Kolaka Utara) dan Kepulauan Buton (Menjadi Provinsi). Sementara itu Konawe Timur Laut (dari Konawe) belum menjadi prioritas karena prosesnya belum sejauh daerah lainnya.

Dari daerah-daerah tersebut yang akan segera dibawa ke tingkat pusat adalah Kepulauan Buton dan Muna Timur. Kata Zayat, hal itu karena akan segera diparipurnakan oleh DPRD Sultra pada Selasa pekan depan (15/9/2015).

“Untuk Pakue belum dapat diparipurnakan bulan ini karena masih terkendala letak ibu kota. Rencananya bulan depan diparipurnakan. Kendati demikian untuk ibukotanya sesuai pilihan Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud yakni di Leumbu,” kata Zayat di Sekretariat DPRD Sultra usai rapat Badan Musyawarah (Bamus) penetapan jadwal paripurna pemekaran, Rabu (9/9/2015).

Setelah diparipurnakan, akan segera dilangsungkan ke tingkat pusat untuk diproses lebih lanjut. Menurut Zayat, Gubernur Sultra Nur Alam merencanakan daerah-daerah itu mekar sebelum berakhir masa jabatannya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com