Tampilan Desktop



Ini Dia 12 Rekomendasi Balitbang Kementerian KP
45 Dibaca

Dari 12 rekomendasi tersebut, tiga di antaranya merupakan panduan penyusunan peraturan daerah (perda). Selanjutnya, tujuh rekomendasi menjadi bahan penyusunan kebijakan KKP. Dua rekomendasi lainnya

Dari 12 rekomendasi tersebut, tiga di antaranya merupakan panduan penyusunan peraturan daerah (perda). Selanjutnya, tujuh rekomendasi menjadi bahan penyusunan kebijakan KKP. Dua rekomendasi lainnya berkaitan dengan data dan informasi yang direkomendasikan untuk penyusunan peta Informasi Geospasial Tematik (IGT).

“Research and development tentu menjadi tumpuan utama kita agar bisa mengelola ekonomi kelautan dan perikanan secara inklusif dan berkelanjutan. Selama ini, beragam inovasi teknologi yang dihasilkan para peneliti kita telah banyak dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha yang bergerak di bidang kelautan. Namun demikian, ke depan penelitian dan pengembangan iptek kelautan tentu harus terus dilakukan dan ditingkatkan,” kata Susi di Jakarta, Senin (5/1/2015).

Susi juga menyebutkan lima pilar utama pembangunan  nasiona, yakni pertama, pembangunan kembali budaya maritim. Kedua, komitmen bersama menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut. Ketiga, pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim.

Keempat, penghapusan aktivitas yang merusak lingkungan dan mengeksploitas sumberdaya kelautan. Dan terakhir, peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengelola potensi sumberdaya kelautan dan perikanan di seluruh wilayah perairan nusantara.

Untuk memperkuat iptek bidang kelautan dan perikanan, KKP menempuh lima strategi, yakni penyediaan basis data dan informasi, inovasi teknologi, pemilihan komoditas dan pengelolaan sumberdaya, peningkatan kemampuan komersialisasi lewat penguatan diseminasi dan pendekatan Research and Company Linkage (RCL), serta peningkatan kapasitas sinergi dan integritas litbang dengan institusi pengembang kelautan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikatan Achmad Poernomo menjelaskan, Balitbang KP akan mengemas penyediaan basis data dan informasi  ke dalam suatu sistem basis data yang terintegrasi dengan baik yang dapat digunakan oleh komunitas peneliti dan komunitas publik yang lain.

Selain itu, Balitbang juga telah mengembangkan teknologi pemurnian garam sederhana. Teknologi pemurnian garam ini telah berhasil menambah nilai tambah garam. Balitbang juga telah merekomendasikan 36 paket teknologi untuk meningkatkan produktivitas sektor kelautan dan perikanan.(*/Dian)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free