Tampilan Desktop


Ini Dia Perusahaan yang Mau Kembangkan Sorgum di Konawe
163 Dibaca

Direktur Eksekutif Bluline Machmud Achmad mengatakan, pihaknya juga akan melakukan bimbingan teknis untuk penanganan tanaman sorgum serta melakukan kegiatan dari aspek pembudidayaan. Bluline telah me

Direktur Eksekutif Bluline Machmud Achmad mengatakan, pihaknya juga akan melakukan bimbingan teknis untuk penanganan tanaman sorgum serta melakukan kegiatan dari aspek pembudidayaan. Bluline telah menjalin kerjasama dengan Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (Seameo Biotrop).
Seameo merupakan organisasi nirlaba yang keanggotaannya terdiri dari menteri-menteri pendidikan se-Asia Tenggara. Kegiatannya konsen pada pembinaan sumber daya manusia dan alam di bidang biologi tropika, khususnya di lingkup wilayah Asia Tenggara.
  
“Apa yang kita lakukan nantinya tidak lepas dari peran strategis pemerintah daerah, pelaku usaha, Koperasi serta perguruan tinggi, untuk menyukseskan pengembangan kawasan agroIndustri berbasis komoditas sorgum di wilayah Kabupaten Konawe,” kata Mahmud dalam rilis yang diterima redaksi zonasultra.com, Rabu (29/4/2015).
Kesepakatan antara Bluline dan Seameo terkait pengembangan sorgum di Konawe ditandai dengan 
Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama di kantor Seameo Biotrop, Jalan Raya Tajur Km 6, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/4/2015) lalu.
Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Direktur  Seameo Biotrop Irdika Mansur dan Direktur Eksekutif Bluline Machmud Achmad. Turut hadir peneliti dan pakar sorgum Seameo Supriyanto dan Chairman Bluline B. Dorpi Parlindungan.
Di tempat terpisah,  Machmud mengungkapkan, ke depannya kerjasama ini juga akan melibatkan masyarakat petani di Sultra secara lebih luas. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan bimbingan teknis dalam rangka budidaya tanaman Sorgum. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif pada petani tentang pengembangan Sorgum mulai dari aspek hulu hingga hilir.
Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman serealia yang dapat dikembangkan menjadi energi, pangan, dan pakan. Budidaya tanaman sorgum sudah dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu kelebihan sorgum adalah memiliki daya tahan terhadap cuaca kering serta toleran terhadap genangan air. Oleh karena itu, tanaman ini memiliki potensi besar untuk dibudidayakan secara massal di Indonesia karena mempunyai daerah adaptasi yang luas.(*/)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com