Tampilan Desktop


Ini Dua Program Pembanguan Desa Andeo di 2016
170 Dibaca

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU– Dua program prioritas pembangunan akan dilakukan Desa Andeo, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, ditahun 2016 mendatang. Program pembangunan itu terbagi dua kategori yakni pengembangan infrastruktur desa berupa pembuatan sumur bor, serta pemberdayaan masyarakat dengan mendirikan koperasi simpan pinjam.

Kepala Desa Andeo, Heti Rasnawiah menerangkan program pembangunan yang akan dilakukan di Desa Andeo itu merupakan hasil dari kesepakatan bersama melalui proses musyawarah desa. Pengadaan fasilitas sumur bor di Andeo, harus dilakukan mengingat daerah ini seringkali mengalami kesulitan air bersih terlebih saat musim kemarau. Adapun pendirian koperasi simpan pinjam untuk meningkatkan lumbung perekonomian warga desa.

Adapun sumber pendanaan untuk sector pembanguan di desa Andeo itu menurut Heti, bersumber dari dana desa.

Heti Rasnawiah melanjutkan pada tahap pertama dana yang bersumber dari APBN, desa Andeo mendapatkan dana mencapai Rp.560 juta. Agar tidak terjadi penyelewengan dana dengan nominal ratusan juta rupiah itu akan dikelola langsung oleh pemerintah desa bersama warga. Adapun besaran untuk masing-masing kegiatan baik untuk program infrastruktur dan pemberdayaan di Andeo, menurut Heti, pihaknya akan menggelar musyawarah antara pemerintah desa dengan warga setempat .

“Pembagaian besaran dana yang akan di pakai di tiap kegiatan sementara kami rinci dulu,karna penggunaan danaya berbeda beda jumlahanya yang penting kami sudah rapatkan untuk penggunaan kegiatan dana APBN ini,” jelas Heti Rasnawiah. (Jefri)

Di katakannya rembuk bersama melalui forum musyawarah desa terkait pelaksanaan program harus di lakukan sebelum dana desa disalurkan, agar pengelolaan dana tersebut bisa lebih trasparan dan tepat sasaran.

 

Penulis : Jefri
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com