Ini Harapan Wawali Kendari di Hari Pers Nasional

0
Wakil Wali Kota Kendari Mussadar Mappasomba
Mussadar Mappasomba

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Di peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh hari ini, tanggal 9 Februari 2017, Wakil Wali Kota Kendari Mussadar Mappasomba mengharapkan agar seluruh pers di kota ini sehat dan menyajikan berita yang berimbang.

Wakil Wali Kota Kendari Mussadar Mappasomba
Mussadar Mappasomba

Menurut dia, pers berkewajiban untuk mencerdaskan masyarakat dengan menyuguhkan berita-berita yang berimbang, tidak memfitnah, adu domba dan lainnya.

“Saya tidak meyakini bahwa berita yang jelek itu menjadi berita yang baik, dan berita yang baik itu adalah berita yang baik,” kata Mussadar saat ditemui di taman kota Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (9/2/2017).

Lanjut dia, jika ada media yang kerap mengadu domba, fitnah maka lembaga ini diyakininya tidak panjang usianya. Selain itu yang bersangkutan harus ada pertanggungjawaban moral.

Pers berkewajiban menyajikan berita yang mencerdaskan, memberikan informasi yang mencerahkan bukan memfitnah, menggiring dan mengadu domba. Kalau itu yang terjadi, diyakininya Pers ini adalah institusi kemasyarakatan yang sangat penting.

Selain lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, pers adalah lembaga yang cukup signifikan untuk menghadirkan kondisi yang baik buat bangsa ini khususnya masyarakat daerah Sultra.

“Saya sangat meyakini kalau ada lembaga pers yang tidak memegang teguh kejujuran, integritas maka ia akan di tinggalkan,” ungkapnya.

Untuk itu, Mussadar berharap kepada seluruh insan pers, selain profesional harus terus ditingkatkan dan juga perlindungan terhadap pers ini juga harus dijamin. Ia tidak menginginkan pers itu sebagai profesi sampingan tetapi sebagai profesi utama. Dengan demikian, perusahaan media harus memperhatikan kesejahteraan wartawannya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Makmur, mengucapkan selamat hari pers nasional. Ia berharap dalam menjalankan tugasnya masing-masing, insan pers bisa bekerja secara profesional.

“Saya berharap mari kita jalankan tupoksi kita sebaik-baiknya, dan semoga teman-teman wartawan menjadi agen-agen pembaharuan dan pembawa berita yang benar dan akurat, serta bervalidasi terhadap narasumber-narasumber yang ada,” ucapnya singkat. (B)

 

Reporter : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here