Tampilan Desktop


Ini Hasil Kunker Bupati Konut di Korsel
133 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Program pembangunan pemerintah daerah Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada sektor teknologi mulai menemui titik terang. Hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan kenegaraan oleh Bupati Konut, Ruksamin ke negara Korea Selatan pekan lalu dengan tujuan untuk menggagas penggunaan teknologi dalam dua hal.

Ilustrasi

Ilustrasi

Ia mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukan menghasilkan kesepakatan dalam bentuk MoU dengan pemerintah Young Wol, Korea Selatan adalah penggunaan teknologi pada sektor pertanian.

Korsel kata Ruksamin, tidak memiliki lahan luas seperti yang dimiliki Konawe Utara. Namun, pemerintahnya mampu memamfaatkan kecanggihan teknologi, sehingga kebutuhan pangan mampu terpenuhi secara nasional.

“Disini (Konut) luas lahannya, subur tanahnya. Tapi belum terolah dengan baik,” kata Ruksamim ditemui di gedung DPRD Konut usai pelantikan PAW Rini Herawati, Senin (1/8/2016).

Untuk itu, lanjut mantan ketua DPRD Konut, pemda langsung menempatkan tiga orang staf guna melakukan pelatihan di negara itu dan juga mempelajari bagaimana cara mengolah tanah dan kebun dengan tidak lagi dilakukan secara manual.

Selaku kepala daerah, dirinya sangat optimis, jika teknologi tersebut diterapkan di Konawe Utara, maka Konut bisa sukses dalam sektor pangan.

“Jadi mulai penggarapannya sampai panennya itu tidak perlu disentuh dengan tangan. Tapi dengan mesin,” urainya.

Selain sektor pertanian, tambah Ketua DPW PBB Sultra itu, pihaknya juga menggagas penggunaan teknologi pada sektor penerangan dengan memamfaatkan tenaga surya. Namun, hal tersebut masih dalam bentuk gagasan. Pasalnya, untuk penerapan di wilayah Konut masih dilakukan penelitian terkait wilayah mana saja yang akan ditempatkan teknologi tersebut. (B)

 

Reporter : Murtaidin
Editor      : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com