Tampilan Desktop



Ini Kendala Bis Trans Lulo Belum Beroperasi Maksimal
100 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari tengah mengupayakan agar bis trans lulo dapat berjalan maksimal. Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat, Disbuh Kota Kendari, Agus Sutarto mengatakan, kurang maksimalnya pengoperasian bis trans lulo karena pihaknya tengah melakukan sosialisasi guna pengalihkan status plat merah menjadi kuning. Sebab plat merah tidak dapat digunakan sebagai angkutan umum.

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Agus Sutarto

Agus Sutarto

Selain itu, guna mempermudah proses pengalihannya, Pemkot sedang menyiapkan berkas administrasi untuk pendirian Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang menangani pengoperasian bis tersebut.

“Kalau sudah ada BLUD lebih mudah lagi kita pengalihannya, makanya kita usahakan secepatnya, insya Allah tahun ini, ungkap Agus saat ditemui dalam acara sosialisasi pengembangan kawasan terminal tipe B, Rabu (2/8/2017) di Hotel Horizon Kendari.

Kendati demikian, proses pendirian BLUD juga tidak mudah membutuhkan dan anggaran yang besar sehingga komunikasi dengan pihak DPRD Kendari terus dilakukan agar prosesnya cepat. Sebab, dengan peralihan ke plat kuning maka jalur pengoperasian trans lulo sudah dapat berjalan maksimal dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang tinggal didaerah yang tidak dilalui oleh trayek angkutan umum mikrolet.

Bahkan, kedepan Dishub Kota Kendari mengupayakan pengoperasian trans lulo dapat digunakan pada jalur kota ke bandara dan pelabuhan meskipun saat ini, Agus menilai jumlah armadanya belum mencukupi.

“Yang ada saat ini sekitar 12 buah bantuan dari Kemenhub,” pungkasnya.

Ditanyakan bagaimana pengoperasian jika Pemprov Sultra telah menyediakan angkutan massal dari bandara dan pelabuhan menuju ke pusat kota Kendari, Agus menegaskan untuk singkronisasi agar tidak terjadi tumpang tindih fungsi koordinasi dengan pemprov tetap harus dilakukan setelah proses administrasi pemidahan plat dan BLUDnya selesai.

Untuk diketahui, awal tahun 2014 bis trans lulo merupakan alat transportasi baru di Kota Kendari yang ramai diperbincangkan karena pemerintah meyakini akan diminati oleh publik.

Sebelumnya juga Dishub sudah menetapkan rutenya yakni melintas mulai dari Kota Lama, By Pass, Pasar PKL, Rumah Sakit Abunawas dan Kantor Gubernur. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free