Tampilan Desktop

Ini Kendala Pembangunan Trafic Light di Tiga Lokasi di Kendari
162 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pembangunan sejumlah Trafic Light (lampu lalu lintas) di tiga lokasi dalam kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terkendala beberapa faktor.

Muh. Ardiawan

Muh. Ardiawan

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi Muh. Ardiawan mengungkapkan, tiga lokasi trafic light di ruas jalan kota Kendari diantaranya simpang PGSD, simpang Bank Sinarmas atau depan GMT Kendari dan simpang PLN Kendari.

“Kendala utama yang menghambat pembangunan trafic light di tiga lokasi tersebut adalah dana, karena APBD daerah tidak mencukupi untuk itu,” kata Muh. Ardiawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/7/2016).

Meski begitu, pihaknya tetap berupaya untuk melakukan pembangunan di tahun ini, karena kondisi lampu lalu lintas di tiga lokasi tersebut merupakan kawasan padat kendaraan, akibatnya ruas jalan itu menjadi macet.
“setelah melakukan pembahasan ulang dengan menggunakan dana perawatan sejumlah rambu-rambu jalan yang ada di ruas jalan kota Kendari, tahun ini kami akan fokus pada pembangunan trafic light di Jalan MT. Haryono simpang emapt Bank Sinarmas, Wua-Wua,” terangnya.

Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan satu set trafic light sekitar Rp 200 juta, dengan estimasi waktu pelaksanaan pembangunan sekitar 1 bulan paling lambat.

Namun, Ardiawan kembali menjelaskan, selain faktor dana pembangunan trafic light di lokasi tersebut adalah proses pelebaran jalan yang dilaksanakan oleh pihak kontraktor yang belum rampung serta belum ada kejelasana penyelesaian proses pelebaran jalan, terutama di pembelokkan depan GMT Kendari.

“Saya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kontraktor tapi belum ada kejelasan, jadi kami juga belum bisa berbuat apa-apa takutnya kami salah bangun nanti,” tuturnya.

Setelah itu, kendala lain yang ditemui pihaknya di lapangan juga adalah kondisi kabel yang menghubungkan 8 titik lampu merah yang ditanam di dalam tanah telah terputus karena penggalian yang dilakukan saat proses pelebaran jalan, sehingga proses pemasangan kabel harus kembali membelah jalan aspal yang ada saat ini.

” Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan tetap mematahui aturan lalu lintas demi keselamatan berkendaraan,” tukasnya. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor     : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com