Tampilan Desktop


Ini OPD 2017 Yang Ditiadakan di Mubar
230 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna Barat (Mubar), saat ini tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

kabag-organisasi-dan-tata-kelola-pemda-mubar-la-sampe

La Sampe

Dalam raperda OPD yang diajukan oleh pemerintah Mubar terhadap DPRD terdapat 26 SKPD dan 3 Badan, dan dalam usulan itu pemda menghapus Dinas Kehutanan.

Hal ini diungkapkan oleh Kabag Organisasi dan Tata Kelola (Ortala) Mubar La Sampe.

” Berdasarkan PP 41 ada 27 SKPD dan saat ini berdasarkan PP Nomor 18 yang kita ajukan sebanyak 26 SKPD ditambah Kesbangpol dan BPBDP, dan Dinas Kehutanan hilang karena tidak memenuhi syarat untuk menjadi sebuah Dinas setelah dilakukan penilaian dari Pusat, Dinas Kehutanan natinya akan bergabung bersama di Badan Lingkungan Hidup (BLH)” ungkap La Sampe saat dikomfirmasi di kantor DPRD Mubar, Rabu (19/10).

Dari 26 SKPD yang diajukan, menurut La Sampe akan ada penambahan 3 SKPD baru yakni Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Selain Dinas Kehutanan, posisi RSUD juga berganti menjadi UPT dibawah kendali Dinas Kesehatan.

” Dan jabatanya juga berubah menjadi fungsional bukan struktural lagi, ” ujarnya.

Terkait banyaknya jumlah SKPD yang diajukan sementara jumlah pegawai yang ada di Mubar masih terbatas, La Sampe mengatakan hal tersebut masih dikaji bersama DPRD.

” Secara normatif urusan-urusan itu telah memenuhi syarat untuk menjadi Dinas kemudian akan menjadi kesinambungan antara urusan Pemerintah Pusat dan Daerah. Namun terkait hasil Raperda OPD yang kita ajukan hasilnya seperti apa kita masih bahas bersama DPRD, ” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD mubar La Ode Koso mengatakan Raperda OPD yang saat ini masih dalam proses pembahasan dan pihaknya berjanji segera menuntaskan pembahasan raperda . Dari SKPD yang diajukan kata dia akan disesuaikan dengan jumlah pegawai yang ada di Mubar.

” Hari Rabu tanggal 26 rapat paripurna OPD. Senin mendatang kita akan konsutasi klarifikasi ke provinsi,” singkat politikus PAN ini. (C)

 

Reporter : Laode Pialo
Editor : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com