Ini Penjelasan FISIP UHO Soal Real Count Pilwali Capai 100,88 Persen

0
Final Hasil Real Count Fisip UHO
Final Hasil Real Count Fisip UHO
Final Hasil Real Count Fisip UHO
Final Hasil Real Count Fisip UHO

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Real count atau hitung cepat Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari yang dilakukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Haluo (UHO) Kendari melebihi angka persentasi dengan total 100,88 persen. Real count itu dilakukan terhadap 520 TPS se-Kota Kendari yang berlangsung Rabu (15/2/2017) kemarin.

Menanggapi hal itu, Peneliti Laboratorium Ilmu Politik FISIP UHO Husen La Zuada mengakui jika ada kekeliruan dalam penggunaan rumus. Namun kesalahan bukan pada data mentah yang diambil langsung mahasiswa di setiap TPS.

(Berita Terkait : Final Hasil Real Count Fisip UHO, ADP Menangkan Pilwali Kendari)

“Data mentah dari mahasiswa kita sudah cek berdasarkan kecamatan, itu benar. Kesalahannya itu pada saat penjumlahan di total suara sah dan tidak sah. Seharusnya penjumlahannya itu ke bawah (tabel) bukan ke samping,” ujar Husen ditemui di FISIP UHO, Kamis (16/2/2017).

Saat ini sudah ada hasil perbaikan terhadap penjumlahan real count tersebut dan hasilnya tidak mempengaruhi perolehan suara masing-masing paslon. Data jumlah persentasi, perubahannya tidak sampai 1 persen.

(Berita Terkait : Real Count Pilwali Capai 100,88 Persen, Kredibilitas Fisip UHO Dipertanyakan Netizen)

Husen memastikan data real count tersebut dapat dipertanggungjawabkan sebab mahasiswa mengambil data dengan memfoto formulir C1 plano. Di samping itu, FISIP UHO sudah terakreditasi oleh KPU. Pada tahap akhir hasil real count tersebut akan diserahkan ke KPU Kendari. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here