Ini Penyebab Hujan Terus Mengguyur Wilayah Sultra

1
Ini Penyebab Hujan Terus Mengguyur Wilayah Sultra
Pantauan satelit Badan Metereologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG)

Ini Penyebab Hujan Terus Mengguyur Wilayah Sultra Pantauan satelit Badan Metereologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sejak kemarin, Kamis, 11 Mei 2017 pukul 13.00 Wita sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, terutama di Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan dan Buton Utara.

Kondisi tersebut diperkirakan akan berlanjut hingga hari ini. Berdasarkan pantauan satelit Badan Metereologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kendari menggambarkan sejak pukul 05.45 Wita hingga pukul 10.20 Wita sejumlah wilaya di Sultra tetap diguyur hujan sedang hingga lebat.

Daerah penyebarannya pun bertambah ke Konawe Utara, Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara, Bombana, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Buton, Muna, Muna Barat, Wakatobi dan Kota Baubau.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono mengatakan analisis penyebab hujan adalah adanya gangguan di atmosfer atau anomali yaitu daerah tekanan rendah disekitar Laut Banda atau Timur Sulawesi Tenggara.

Kondisi ini menyebabkan massa uap air banyak terkumpul di daerah tersebut yang menjadi bahan baku pembentukan awan-awan hujan, apalagi didukung angin timur yang mulai dominan sehingga potensi pergerakan awan dominan menuju ke wilayah Sultra. (B)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

3 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here