Tampilan Desktop

Ini Penyebab Kebakaran Pasar Minaminanga Butur
256 Dibaca

Si Jago merah kembali mengamuk, kini jadi sasaran Pasar Moderen Minaminanga Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Kebakaran diduga terjadi pada, Selasa, 20 September 2016, pukul 19.30 Wita.Darmawan/ZONASULTRA.COM

KEBAKARAN – Kebakaran yang terjadi di Pasar Moderen Minaminanga Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Selasa (20/9/2016) malam. (Darmawan/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kepolisian Sektor (Polsek) Kulisusu, Buton Utara (Butur) menyimpulkan, kebakaran pasar Minaminanga disebabkan oleh hubungan pendek atau korsleting listrik. Hal itu berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan petugas polsek Kulisusu, Rabu (21/9/2016) tadi pagi.

” Olah TKP tidak ada tanda-tanda atau bekas perbuatan manusia, lalu diperiksa instalasi listrik sekaligus berkoordinasi dengan pihak PLN. Kami banyak temukan instalasi listrik yang berpotensi bisa memicu arus pendek atau korsletik yang mengarah ke pemanas air dan kipas angin, diduga dari kabel pemanas sehingga disimpulkan penyebab arus pendek atau korsleting listrik,”terang Kapolsek Kulisusu Kompol Rahman Dundu Regasa ketika menyampaikan laporan dihadapan peserta rapat koordinasi yang dipimpin Bupati Butur Abu Hasan dan Wakil Bupati Ramadio, serta Sekda Butur La Ode Baharuddin, di ruang rapat Setda Butur, Rabu (21/9/2016).

Sesuai pemeriksaan saksi dari security pasar, tambah Rahman, api awalnya dilihat berasal dari kios pertama penjual kosmetik blok F.

“Kami sudah lakukan pemeriksaan kepada pihak keamanan pasar, bahwa api pertama dilihat di kios ujung blok F,” imbuhnya.

Dari pengakuan satpam pasar, pada saat kejadian ada 2 petugas keamanan yang lagi melaksanakan tugas. Diceritakan bahwa sekitar pukul 18. 30 Wita, satu orang petugas keamanan melakukan patroli, sedangkan satu orangnya tetap berada di pos jaga.
Namun, tiba-tiba sekitar pukul 19.30 Wita mereka mendengar ada sedikit ledakan diikuti dengan munculnya asap. Kejadian itu, tak berlangsung lama di saat listrik mulai menyala.

“Jadi pada saat didengar ledakan, diikuti dengan asap, listrik belum lama menyala. Kan sebelumnya lampu padam,”pungkas Rahman.

(Berita Terkait : Breaking news : Pasar Minaminanga Butur Terbakar)

Setelah itu, lanjut mantan Kabag Ops Polres Wakatobi ini, kedua securiti langsung menuju TKP sumber api, mereka berusaha membuka gembok kios. Namun, usaha itu tak berhasil, sehingga, kedua securiti itu memutuskan untuk bagi tugas, satunya menghubungi pemilik kios, yang satunya lagi menuju ke pihak kepolisian untuk melaporkan kejadian itu.

“Api nanti berhasil dikuasai atau dijinakkan sekitar pukul 22.30 Wita atau lebih kurang setengah sebelas,” tuturnya.

Sebelumnya, Selasa (20/9/2016), sekitar pukul 19.30 Wita pasar Minaminangan, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara, terbakar akibatnya 10 kios semi permanen di blok F ludes terbakar. (B)

 

Reporter : Darmawan
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com