Tampilan Desktop

Ini Penyebab Gempa Bumi di Kendari
1982 Dibaca

pusat-gempa-kendari

Gempa : Gambar hasil analisis gempa bumi oleh BMKG yang terjadi pada pukul 12.42 Wita dengan kekuatan 4,3 skala richter dengan epicenter pada koordinat 3.86 LS-122.34 BT sekitar 19,6 kilometer Barat Laut Kendari atau 32 kilometer arah Timur Laut Unaaha, pada kedalaman 10 km. (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Barat Laut Kendari dan sekitarnya, Minggu (30/10/2016) siang. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 12.42 Wita dengan kekuatan 4,3 skala richter dengan epicenter pada koordinat 3.86 LS-122.34 BT sekitar 19,6 kilometer Barat Laut Kendari atau 32 kilometer arah Timur Laut Unaaha, pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia mengatakan, ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Lawanopo yang berada di atas Kota Kendari.

Dijelaskan, goncangan (shakemap) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan kuat dirasakan di Kota Kendari. Di daerah ini goncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang.

Berita Terkait : Breaking News: Gempa 4.3 SR Getarkan Kendari

“Hasil koordinasi dengan BPBD Provinsi Sultra hingga saat ini belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” kata Rosa melalui pesan WhatsApp.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah Kendari ini, hingga siang ini belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Untuk itu masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. (*)

Penulis: Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com