Tampilan Desktop

Ini Sasaran Operasi Zebra Polda Sultra
819 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Operasi Zebra tahun 2016 mulai dilaksanakan Rabu (16/11/2016) hari ini. Operasi ini serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah hukum Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ilustrasi

Ilustrasi

“Operasi zebra ini merupakan operasi rutin yang dilaksanakan kepolisian tiap tahunnya dalam rangka menyambut Hari Natal dan tahun baru,” kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso di Polda Sultra.

Adapun sasaran dari pelaksanaan Operasi Zebra ini, lanjut Kapolda yakni pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm, penggunaan rotator atau sirine yang tidak pada tempatnya, serta pelanggaran muatan angkutan umum.

“Ini temasuk juga mengangkut barang dengan bak terbuka,” kata Agung.

Selain itu, operasi ini akan menindak pengguna jalan yang parkir di tempat terlarang, pengendara yang menggunakan handphone saat berkendara, tidak menyalakan lampu pada siang hari, berboncengan lebih dari  dua orang, serta penggunaan plat nomor dan knalpot yang tidak sesuai aturan.

“Orang yang berjualan di bahu jalan atau trotoar, serta balapan liar juga menjadi fokus kita,” ujarnya.

Dari data yang diterima ZONASULTRA.COM, diketahui jumlah pelangggaran lalu lintas di tahun 2015 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2014, tilang sebanyak 5.135 kasus dan tahun 2015 meningkat menjadi 5.450. Dan untuk teguran,  pada tahun 2014 tercatat 120 teguran dan di tahun 2015 meningkat 125 teguran.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk melengkapi seluruh surat berkendaranya, gunakan helm dan jangan kebut-kebutan saat berkendara. Ini demi keselamatan Anda juga,” tutup Agung. (A)

 

Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Tagged with:
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com