Tampilan Desktop



Ini Tanggapan Bupati Butur Terkait Aksi Demo yang Menyoroti Setahun Kepemimpinannya
862 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Aksi demonstrasi yang dilakukan Aliansi Buton Utara Lintas Pemuda dan Masyarakat yang sekaligus melahirkan beberapa keputusan dari DPRD pada Jumat (3/3/2017) kemarin mendapat tanggapan dari Bupati Butur Abu Hasan.

Berita Terkait : Sesalkan Kepemimpinan Bupati, Ratusan Warga Mengadu ke DPRD Butur

Bupati Butur Abu Hasan

Abu Hasan

Abu Hasan mengatakan, isu yang menimpanya itu adalah bagian dari dinamika politik, dan sesuatu yang tak bisa dihindari. Ia memandang hal itu tak perlu ditanggapi secara berlebihan, meskipun diakui dirinya merasakan sedikit kekecewaan.

“Saya tidak ingin menanggapi terlalu berlebihan, saya tidak akan bereaksi terlalu dini, dengan aspirasi yang disampaikan oleh adik-adik pendemo, walaupun saya sedikit kecewa karena sebagian adalah fitnah,” ungkapnya di Rujab Bupati, Sabtu (4/3/2017).

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini dirinya masih menunggu mutu tindak lanjut dari DPRD tersebut. Sebab, apapun keputusan dewan pasti mempunyai konsekuensi sosial maupun hukum.

Mengenai mosi tidak percaya yang dikeluarkan oleh DPRD, Abu Hasan menilai bahwa tidak ada relevansi antara kepala daerah dan legislatif dalam soal percaya dan tidak percaya. Dalam konstitusi, lanjut dia, yang ada adalah kemitraan.

Terkait pansus, ia mengatakan bahwa itu adalah hak Dewan, yang tentunya dalam kewenangan DPRD juga punya syarat-syarat. Ia mengatakan tidak boleh sembarangan membentuk pansus, apalagi menelorkan hasil pansus. Masyarakat Butur juga, tambahnya, saat ini sedang menunggu-nunggu apa yang akan diputuskan oleh DPRD menyikapi aspirasi masyarakat itu.

Perihal setahun kepemimpinannya, Abu Hasan juga mengakui belum terlihat kemajuan yang signifikan. Namun demikian, dirinya akan terus berupaya agar daerah yang dipimpinnya ini bisa lebih maju lagi. Optimisnya itu juga dilandasi oleh kesempatannya terlibat langsung dalam dokumen penyusunan anggaran APBD tahun 2017.

“Tahun ini saya mulai, dan pada saat pembahasan anggaran saya perintahkan wakil bupati dan eekda untuk mengawal pembahasannya di DPRD, kepada merekalah saya sering mendapatkan laporan, dinamika dan perkembangan APBD 2017,” ujarnya.

Kepada masyarakat ia menghimbau agar tetap fokus dengan aktifitas keseharian, dan tidak perlu terpengaruh dengan berbagai isu yang dikembangkan oleh pihak-pihak tertentu. Dia juga menyampaikan bahwa hingga saat ini, dirinya masih berjalan sesuai peraturan yang ada. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free