Tampilan Desktop



Ini Tanggapan Ketua DPRD Wakatobi Terkait Rencana Pemkab Subsidi Garuda
272 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mensubsidi maskapai Garuda Indonesia, dalam rangka membuka rute penerbangan di Wakatobi butuh proses sesuai prosedur dan tata kelola keuangan. Sementara Pemkab Wakatobi telah memberikan signal bahwa subsidi akan disiapkan sehingga Garuda bisa terbang di Wakatobi April 2017.

Muhamad Ali, Ketua DPRD Wakatobi

Muhamad Ali

Ketua DPRD Wakatobi, Muh Ali, mengatakan, geliat kepariwisataan pro rakyat tentu aspek mobilitas dan akses sangat penting. Namun, terkait subsidi Garuda dengan menggunakan APBD butuh mekanisme, termasuk peran serta DPRD dalam memuluskan rencana dimaksud.

“Terkait dengan Pemkab Wakatobi untuk subsidi Garuda di APBD induk 2017 belum teralokasi pada APBD 2017,” terang Muh Ali di Wangi-Wangi Rabu (22/2/2017).

Menurut Ali, sesuai ketentuan perundang-undangan dalam hal tata kelola keuangan, ada hal kepatuhan agar dapat dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh. Terkait kerja sama dengan pihak ketiga dalam hal pengelolaan anggaran bersumber dari APBD, Muh Ali mengungkapkan harus ada pemufakatan secara tekhnis antara pemkab dan DPRD Wakatobi.

“Belum boleh, kecuali menunggu perubahan APBD. Secara tekhnis Pemkab dapat mengajukan konsultasi bersama DPRD. Kerjasama Pemkab dengan pihak ketiga, secara tekhnis Pemkab harus bersama DPRD membahasnya. Sangat jelas diatur silahkan Pemkab ajukan,” ucap Ketua DPRD Wakatobi.

Muh Ali menjelaskan, terkait kerjasama dimaksud meskipun anggaran untuk subsidi itu telah tersedia di APBD, pemkab juga harus membahasnya bersama DPRD.

“Tekhnisnya, Bamus akan memerintahkan Banggar untuk membahas bersama eksekutif. Koridornya kemaslahatan untuk rakyat dan sesuai dengan ketentuan perundangan,” katanya.

Muh Ali, menambahkan bahwa dalam hal penting dan mendesaknya subsidi, namun secara tekhnis dan proses ada dalam surat menyurat antara Pemkab dan DPRD sebagai dasar untuk menelaah sebelum ditingkatkan dalam pembahasan bersama untuk dirumuskan jalan keluarnya bersama.

Untuk diketahui bahwa Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dalam kunjungan kerjanya di Wakatobi beberapa waktu lalu telah mengkonfirmasi, jika April 2017 Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan di Wakatobi. Namun Pemkab Wakatobi harus mensubsidinya.

Bahkan Bupati Wakatobi, H Arhawi, telah memberi signal tentang kesiapan pemerintah Kabupaten Wakatobi menyiapkan anggaran subsidi. (B)

 

Reporter : Duriani
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free