Tampilan Desktop


Ini Tiga Daerah Otonomi Baru di Sultra
3409 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Kementerian Dalam Negeri, akhirnya merampungkan lima berkas wilayah di yang akan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Namun sayang, dari lima daerah itu hanya tiga daerah saja yang nantinya akan di sahkan Mendagri sebagai DOB. Dua dari tiga daerah itu adalah Konawe Timur, Muna Timur.

Kepala Biro Pemerintahan Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Akbar mengungkapkan dari 5 kabupten yang telah masuk di Kemendagri.

Dua Sebab Ini Halangi Pelantikan Surunuddin-Arsalim

La Ode Ali Akbar

“Yang disebut-sebut di Kemendagri itu Konawe Timur, Muna Timur, satunya saya tidak tahu persis,” ungkap Kepala Biro Pemerintahan, Ali Akbar, di Jakarya saat di hubungi via telepon, Selasa pagi (23/2/2016).

Lanjutnya, jumlah kuota setiap Provinsi, sedikitnya 2 dan paling banyak 3 Kabupaten yang dapat dimekarkan tahun ini.

Sultra sendiri menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan jatah kuota terbesar.

Rencananya, lanjut Ali Akbar, pekan ini Bappeda beserta Biro Pemerintahan setiap Provinsi akan di panggil ke Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo untuk diberi pelatihan penyusunan penataan Daerah Otonom Baru termasuk Sultra.

Namun, setelah Sultra diberikan jatah tersebut, pertanyaan daerah mana yang akan dimekarkan, maka keputusan akhir ada ditangan gubernur.

“Tentunya yang menjadi prioritas itu yang dimekarkan,” ujar Ali Akbar

Seperti diberitakan sebelumnya Jum’at pekan lalu Pemerintah Pusat memutuskan menghentikan sementara Pemekaran Daerah Baru melalui sidang Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah yang dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

1 Comment

  1. arul 29 Februari 2016 at 7:04 pm

    kota raha itu satunya om..

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com