Tampilan Desktop


Ini Tips Menjadi Konsumen Cerdas Menurut BPOM Sultra
51 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Meski Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga saat ini belum menemukan obat palsu yang beredar di wilayah Sultra, namun mereka tetap menghimbau masyarakat untuk berhati-hati membeli dan mengkonsumsi obat.

kantor-bpom-sulawesi-tenggara

Kantor BPOM Sulawesi Tenggara

Kepala Seksi Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Sultra Jalidun mengatakan, untuk memperoleh obat, masyarakat harus menjadi konsumen cerdas dengan membelinya di apotik yang sudah terdaftar resmi dan yang memiliki izin.

“Untuk menjadi konsumen cerdas sebenarnya tidak terlalu rumit, yakni ketika membeli obat hal yang mesti dilakukan adalah memperhatikan kemasannya, izin edarnya, dan kadaluarsanya atau dalam bahasa kami KIK,” terang Jalidun ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/10/2016).

Menurut Jalidun, obat yang tidak memiliki izin edar resmi sangat jarang dijual di tempat-tempat yang resmi karena itu akan lebih mudah ditemukan BPOM. Saat ini kebanyakan penjualannya lewat sistem online.

“BPOM Sultra sendiri pernah mendapatkan kosmetik yang tidak memiliki izin edar resmi dan itu dipesan lewat online,” ungkapnya.

Untuk wilayah Sultra, sejauh ini belum ditemukan adanya pabrik yang memproduksi obat-obatan. Yang ada hanya distributor.

“Di tingkat distributor, kami juga melakukan pengawasan dan dari 10 distributor obat-obatan yang ada di Sultra semua memiliki izin yang resmi. Selain itu obat yang dijualpun sudah terdaftar dengan resmi di BPOM,” ungkap Jalidun.

Jalidun menambahkan, dalam melakukan pengawasan terhadap obat yang tidak memiliki izin edar resmi, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan dinas kesehatan setempat. Sebab, tanpa ada campur tangan dari kedua instansi tersebut, maka pengawasan terhadap obat yang tidak memiliki izin edar dan kadaluarsa tidak akan bisa berjalan maksimal. (A)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor  : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com