Tampilan Desktop


Inilah 11 Event Festival di Sultra yang Wajib Anda Saksikan Sepanjang Tahun 2016
897 Dibaca

Sambut Halo Sultra, Mahasiswa USN Bentuk Pasukan Pemegang Senjata

Halo Sultra

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyusun agenda event festival sepanjang tahun 2016.

Kepala Disparekraf Sultra, Zainal Koedoes dalam acara Workshop Kementerian Pariwisata yang digelar Senin (28/3/2016) malam mengatakan, seluruh kegiatan tersebut disusun sebagai event yang akan berlangsung sepanjang tahun 2016 di sejumlah kabupaten/kota se-Sultra.

Menurut Zainal, ada 11 event festival yang telah diajukan di Kementerian Pariwisata dan telah disetujui pelaksanaannya sepanjang tahun 2016.

Khusus Halo Sultra dan Festival Bokori, kata Zainal, pelaksanaannya sudah tidak berubah, sedangakan untuk festival tingkat kabupaten/kota pelaksanaannya dapat berubah tergantung pemerintah daerah masing-masing.

Berikut daftar event festival lokal, nasional dan internasional yang akan berlangsung di Sultra sepanjang tahun 2016:

1. Halo Sultra ke-52

Halo Sultra ke-52 menjadi agenda event nasional Provinsi Sultra yang akan berlangsung di Kabupaten Kolaka pada 23 sampai 27 April 2016.

2. Festival Bokori

pulau bokori

Gubernur Sultra Nur Alam saat melempar bola pertama pertandingan perdana bola voli putri antara Jawa Timur dan DKI Jakarta di Pulau Bokori pada bulan Oktober 2015 lalu. (Jumriati/ZONASULTRA.COM)

 

Festival Bokori berhasil masuk sebagai event festival nasional Provinsi Sultra yang akan berlangsung di Pulau Bokori, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe pada 29 Oktober sampai 1 November.

3. Festival Nambo

Festival Nambo merupakan event lokal Kota Kendari yang akan dilangsungkan pada 11 sampai 13 April. Namun berdasarkan promosi dari Pemerintah Kota Kendari, kegiatan ini berlangsung pada 9 sampai 10 April.

4. Pekan Konsel Expo

Pekan Konsel Expo, menjadi salah satu event lokal yang akan berlangsung di Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada 28 April hingga 3 Mei.

5. Kendari Expo

Kendari Expo merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kota Kendari dan masuk sebagai event lokal dalam rangka perayaan HUT Kota Kendari.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Kendari Expo dilaksanakan di area MTQ Square Kendari. Berdasarkan kalender Disparekraf kegiatan ini akan berlangsung pada 9 sampai 15 Mei.

6. Festival Kaghati

Festival Khagati merupakan event nasional bahkan telah menjadi salah satu destinasi yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Kegiatan ini akan berlangsung di Kabupaten Raha pada 7 sampai 10 Agustus.

7. Festival Budaya Tua Buton

Menjadi salah satu festival yang mengangkat budaya tua di daratan Buton membuat festival ini masuk sebagai event nasional.

Kegiatan akan berlangsung di Pasarwajo, Kabupaten Buton pada 19 sampai 24 Agustus.

8. Festival Kuliner

Festival kuliner menjadi salah satu event lokal di Provinsi Sultra dimana sebelumnya kegiatan ini pernah berlangsung pada tahun 2015.

Kemudian kegiatan ini kembali digelar sebagai event lokal Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di Lasusua pada 27 sampai 30 Agustus.

9. Festival Keraton Kesultanan Buton/Bau-bau

Festival nasional ini kembali diagenda oleh pemerintah untuk dilaksanakan karena memberi dampak positif terhadap petumbuhan perekonomian dan jumlah wisman yang berkunjung ke-Sultra.

Kegiatan ini akan digelar di Kota Bau-bau pada 10 sampai 17 Oktober.

10. Wakatobi Wonderful Festival dan Expo (WAVE)

Setelah dimasukkannya Wakatobi menjadi 10 destinasi pariwisata nasional oleh Presiden Jokowi, pemerintah gencar mengadakan event nasional di Wakotobi termasuk event yang satu ini.

WAVE akan berlangsung pada 26 sampai 28 November.

11. Festival Tangkeno

Tangkeno merupakan sebuah daerah di Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana dan menjadi salah satu destinasi wisata alam Sultra.

Dirangkaikan dalam event lokal, Festival Tangkeno merupakan salah satu cara pemerintah untuk mempromosikan tempat yang disebut sebagai negeri di atas awan.

Festival ini akan berlangsung pada 22 sampai 29 Desember.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

2 Comments

  1. maghfur 29 Maret 2016 at 4:10 pm

    wah Festival Tangkeno ama Wakatobi mantep nih. keren kyaknya.

  2. Pams 1 Oktober 2016 at 8:02 pm

    Wakatobi Wonderful Festival dan Expo (WAVE)

    Setelah dimasukkannya Wakatobi menjadi 10 destinasi pariwisata nasional oleh Presiden Jokowi, pemerintah gencar mengadakan event nasional di Wakotobi termasuk event yang satu ini.

    WAVE akan berlangsung pada 26 sampai 28 November

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com