Tampilan Desktop


Inilah 9 Ikon Kebanggaan Warga Kendari
2822 Dibaca

Tempat Pembuangan Ikon Kendari - Akhir (TPA) Puwatu. (Sumarlin/ZONASULTRA.COM)

Ikon Kendari –  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puwatu. (Sumarlin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Kota Kendari yang merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini memiliki begitu banyak ikon kota yang dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai obyek wisata, baik wisata rekreasi, wisata religi, wisata keluarga, wisata kuliner dan wisata malam.

Nah, berikut Zonasultra.com mengulas 9 ikon kota yang menjadi kebangaan warga metro:

1. Taman Kota
Taman kota kini menjadi salah satu ikon dari Kota Kendari. Luasnya kurang lebih 5 hektar. Lokasinya pun sangat strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat karena berada dalam kawasan RTH kantor Walikota Kendari.

Setiap akhir pekan atau hari libur lainnya, tempat ini selalu dipadati oleh masyarakat Kota Kendari untuk berolahraga ataupun sekedar berjalan santai bersama keluarga. Tempat ini juga menjadi lokasi pedagang kaki lima untuk menjajakan berbagai kuliner seperti bubur kacang ijo, gado-gado, bubur ayam dan berbagai kuliner lainnya.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati di tempat ini adalah adanya wifi gratis, taman bermain anak dan kamar mandi.

2. Kendari Beach
Kendari Beach atau sering disebut kebi merupakan salah satu ikon Kota Kendari yang telah lama ada. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan Teluk Kendari ataupun taman Teratai dan taman Meohai yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin.

Menjelang matahari terbenam, pemandangan di tempat ini lebih menarik dan indah. Malam hari pun banyak jajanan kuliner tersedia seperti pisang epek, jagung bagar dan lain-lain.

3. MTQ Square
MTQ Square adalah ikon Kota Kendari berikutnya. Lokasinya pun berhadapan dengan taman kota. Di lokasi ini terdapat tugu setinggi 99 meter. Tempat ini pun menjadi pusat perkumpulan masyarakat Kota Kendari.

Berbagai iven besar, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta selalu dilaksanakan di tempat ini seperti expo, pameran, konser musik dan terakhir tempat ini menjadi lokasi pelaksanaan Festival Keraton Nusantara tahun 2015 lalu.

4. Jembatan Kuning
Jembatan Bungkotoko atau sering disebut jembatan kuning menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat Kota Kendari sekedar hanya untuk berfoto dan menikamti pemandangan sore hari.

Di tempat ini pengunjung dapat melihat kapal-kapal nelayan tepat di bawah jembatan serta kapal-kapal yang menuju ke Pelabuhan Nusantara. Jembatan ini terletak di Keluarahan Lapulu.

5. Masjid Alkautsar
Mesjid Agung adalah masjid raya kebanggan masyarakat Kota Kendari. Pada hari Jumat mesjid ini ramai dikunjungi warga yang melaksanakan salat Jumat. Hal ini pun dimanfaatkan para pedagang untuk menjajakan berbagai jualan  mulai dari makanan, buku islami, kopiah, dan pakaian muslim.

Halaman mesjid ini pun sangat luas dan ditumbuhi pohon Trambesi yang sangat rindang. Oleh karena itu, pada siang hari banyak warga yang beristirahat di halaman mesjid ini.

6. Pantai Nambo
Kota Kendari tidak memiliki begitu banyak pantai yang dijadikan obyek wisata. Karena itu Pantai Nambo menjadi salah satu pantai kebanggaan masyarakat Kendari.

Pemerintah kota pun terus menggenjot pembangunan di pantai ini. Berbagai fasilitas disediakan seperti gazebo, penginapan dan fasilitas umum lainnya.

7. Taman TPA
Ketika mendengar kata Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dalam pikiran kita pasti terbeslit tempat yang penuh dengan sampah. Tapi jangan salah loh! Pemerintah Kota Kendari telah berhasil menyulap tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata eduksi bagi masyarakat.

Bukit teletubies adalah salah satu keunikan dari tempat ini. Pengunjung juga dapat melihat pemandangan Kota Kendari dari atas bukit. Lokasinya berada di Kecamatan Puuwatu.

8. Taman Baca MTS
Taman baca MTS berada tepat di depan MTSN 1 Kendari. Posisinya tepat berada di tepi Sungai Kadia. Tempat ini disulap oleh Pemkot menjadi tempat nongkrong yang diperuntukkan untuk umum. Meski fasilitas masih kurang, tapi tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Kota Kendari.

Di sini juga banyak terdapat penjual es kelapa, es teler, bakso dan kuliner lainnya.

9. Taman Pinus
Taman Pinus berada di kawasan kantor gubernur Sultra, kompleks Bumi Praja Andonuhu. Ini merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang dimiliki oleh Kota Kendari. Tempat ini terbuka untuk umum. Di sini pengunjung bisa berfose sepuasnya dengan latar hamparan hutan pinus.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

3 Comments

  1. Enrierje 9 Januari 2016 at 3:03 pm

    kalo disertai foto, pasti postinganya makin menarik.. :)

  2. Arandhitio Ballagi 9 Januari 2016 at 4:40 pm

    artikel yang bagus mas ilham surahmin, karena saya membaca ini kebayang mi lagi bentuknya itu semua. pengen pulang kampung kita.

  3. ilham 14 Januari 2016 at 5:57 pm

    makasih masukkannya :)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com