Tampilan Desktop


Inilah Jadwal Awal dan Akhir Gerhana Matahari Total di Sultra
904 Dibaca

Inilah Jadwal Awal dan Akhir Gerhana Matahari Total di Sultra

Data keteramatan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Sultra

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gerhana Matahari Total (GMT) bakal terjadi pada Rabu (9/3/2016) besok. Sejumlah wilayah di Indonesia akan merasakan gerhana matahari secara total. Di Sulawesi Tenggara (Sultra), fenomena alam langka ini hanya bisa disaksikan sebagian saja.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menyatakan, gerhana yang teramati dari Sultra berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,967 di Sultra bagian Utara hingga 0,848 di sebelah Selatan kepulauan Wakatobi.

Secara umum, gerhana di Sultra akan dimulai pada pukul 07.28 Wita, puncak gerhana terjadi pada pukul 08.39 Wita dan gerhana akan berakhir pada pukul 10.01 Wita. Durasi gerhana yang teramati di Sultra rata-rata adalah 2 jam 33 menit.

Gerhana matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Adapun sejumlah daerah yang dilintasi peristiwa GMT adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi.

 

Penulis: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com