Tampilan Desktop


Inilah Kandidat Balon Bupati dari PDIP
24 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai memasuki tahap penentuan calon yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak Desember mendatang. Dari 7 daerah yang menggelar Pilkada di Sulawesi Tenggara (Sultra), Dewan Pimpinan Daearah (DPD) PDIP hanya menentukan 5 calon bupati, sementara dua daerah lainnya ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. 

Ketua Desk Pilkada PDIP Sultra Nursalam Lada mengatakan, sesuai ketentuan PDIP jika kursi dewan di daerah lebih dari 10 persen maka calon bupatinya akan ditentukan DPP, sedangkan jika kurang dari 10 persen maka DPD yang akan menentukan.

Adapun dua daerah yang jumlah kursinya lebih dari 10 persen yakni Wakatobi dan Konawe Utara, sehingga DPD PDIP Sultra akan mengirim 3 nama atau lebih ke DPP untuk diputuskan. Lima daerah lainnya yakni Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim), Muna, Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe Kepulauan (Konkep) ditentukan oleh DPD PDIP Sultra dengan mengutus 1 nama ke DPP untuk direkomendasikan.

“Proses ini sementara berjalan. Rekomendasi juga sampai hari ini belum ada yang keluar, jadi kita rencana mungkin sebentar malam itu kita rapat untuk persiapan pleno mengenai nama-nama yang mendaftar sebagai calon kepala daerah maupun wakil. Sehingga dalam minggu ini kita akan kirim ke Jakarta untuk direkomendasikan,” kata Nursalam di Sekretariat DPRD Sultra, Selasa (23/6/2015).

Nursalam menyebut calon yang berpotensi diusung di Wakatobi yakni Muhamad Ali, Ediarto Rusmin Bae, La Otjo Oti, Haliana, Syahrin La Aba (daftar calon wakil), Butur (La Baco, Abu Hasan) Muna (Rusman Emba, La Ode Sefu (wakil), Konkep (Nur Sinapoy, Abdul Halim), Konawe Utara (Aswad Sulaiman, Nurtan Jaya), Koltim (Toni Herbiansyah, Wahyu Ade Pratama, Buddu, Ridwan Basnafal (wakil), Konsel (Surunuddin Dangga, Aswan, Arsalim, Abdul Malik Silondae).

Menurut Nursalam, figur yang disebutkannya itu belum semuanya, nanti setelah diadakan pleno di tingkat Desk Pilkada Sultra baru dirilis daftar resminya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com