Tampilan Desktop


Inilah Lima Negara dengan Harga Rokok Termahal di Dunia
358 Dibaca

ZONASULTRA.COM – Masyarakat Indonesia saat ini sedang dikejutkan dengan kabar kenaikan harga rokok yang mencapai Rp 50.000. Ada yang pro, tetapi tak sedikit pula yang kontra dengan wacana tersebut.

Inilah Lima Negara dengan Harga Rokok Termahal di Dunia

Ilustrasi

Sebenarnya, kabar menghebohkan itu bermula dari sebuah studi yang dilakukan Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany dan beberapa rekannya.

Hasil studi itu menunjukkan, 72 persen dari 1.000 orang yang disurvei, mengaku akan berhenti merokok bila harganya sudah mencapai Rp 50.000. Harga rokok yang hanya di bawah Rp 20.000 disebut-sebut menjadi salah satu alasan, banyaknya pengguna rokok saat ini.

Dengan beredarnya hasil penelitian itu, ada pihak yang optimis dan pesimis bila itu benar-benar terjadi. Namun sebenarnya, harga rokok Rp 50.000 bukanlah yang termahal di dunia.

Faktanya jauh sebelum ini, sejumlah negara di dunia telah menerapkan cukai yang tinggi pada rokok, sehingga harganya sangat mahal. Berikut adalah lima negara dengan harga rokok paling mahal di dunia, seperti dikutip dari Cigarettes Reporter.

1. Australia
Negeri Kanguru ini disebut-sebut menjadi salah satu negara dengan harga rokok termahal di dunia. Harga satu paketnya mencapai $ 16,11 atau lebih dari Rp 200.000.

Itu berarti, untuk menghisap satu batang rokok saja, perokok harus mengeluarkan uang lebih dari Rp 10.000. Pemerintah Australia memang sengaja menaikkan pajak produk tembakau untuk mengurangi jumlah perokok.

2. Selandia Baru
Kenaikan drastis harga rokok di Selandia Baru terjadi tahun 2012, dengan peningkatan harga sebesar 40 persen per bungkus. Harga rata-rata per paket yakni $ 14,67 atau sekitar Rp 190.000. Harga dari tahun ke tahun pun terus mengalami peningkatan. Ternyata, kebijakan itu dapat mengurangi jumlah perokok.

3. Norwegia

Tidak hanya harga rokok saja yang tinggi di negara ini. Namun, orang yang menghabiskan rokok satu bungkus sehari diperkirakan harus membayar $ 5.500 per tahun. Sedangkan rata-rata harga rokok per bungkus sekitar Rp 188.000. Dengan kebijakan seperti ini, orang akan berpikir dua kali untuk merokok.

4. Inggris Raya
Rata-rata harga rokok per bungkus di Inggris raya sebesar $ 12,25 atau sekitar Rp 159.000. Banyak perokok yang menyiasatinya dengan membeli secara online yang lebih murah.

5. Islandia
Di Islandia, rokok hanya dapat dibeli di toko khusus. Pembeli juga harus menunjukkan kartu identitas, sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah di usia hukum. Harga rokok per bungkusnya juga cukup mahal, yakni $ 9,51 atau sekitar Rp 123.000. (*)

 

Sumber: jogja.tribunnews.com

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com