Tampilan Desktop

Inilah Nomor Urut Tiga Paslon Kada Butur
19 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – KPU Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), telah menggelar acara pleno pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Butur yang bertempat di Aula Bappeda setempat, Selasa (25/8/2015). Melalui surat keputusan bernomor 10/Kpts/KPU-Kab/026.964880/VIII/2015 menetapkan paslon Abu Hasan-Ramadio (ABR) nomor urut 1, La Ode Abdul Ganiru-Ahmad Gamsir (Gaga) nomor urut 2 dan Ridwan Zakariah-La Djiru (Rindu) nomor urut 3.

Keputusan itu diambil setelah dilakukan pencabutan nomor yang dilakukan langsung masing-masing paslon.

Sebelum dilakukan pencabutan nomor urut pihak KPU setempat membacakan tata cara pencabutan nomor urut, proses pencabutan pun dimulai. Paslon yang diberikan kesempatan  pertama untuk mengambil nomor urut yang telah ditaruh dalam bola pimpong dengan wadah toples yaitu pasangan Ridwan Zakariah- La Djiru (Rindu). Kemudian disusul dengan paslon La Ode Abdul Ganiru-Ahmad Gamsir (Gaga) dan yang terakhir Abu Hasan-Ramadio (ABR).

Dengan arahan pihak KPU Butur, bola pimpong yang telah diambil oleh masing-masing paslon, dibuka. Terlihat, yang mendapatkan nomor urut 1 paslon Abu Hasan-Ramadio, nomor urut 2 La Ode Abdul Ganiru-Ahmad Gamsir dan nomor 3 Ridwan Zakariah- La Djiru.

Setelah dilakukan pengundian, pihak KPU memberikan kesempatan kepada masing-masing calon untuk menyampaikan sambutan.

Nomor urut 1 mendapatkan kesempatan pertama. Dalam sambutannya, Abu Hasan mengatakan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak KPU Butur atas setiap tahapan pilkada yang dilakukan secara terbuka, transparan dan akuntabel.

“Hari ini saya kira sebuah peristiwa yang luar biasa, KPU dan panwas telah melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang transparan dan akuntabilitas,” ucap Abu Hasan.

Menurutnya, nomor urut 1 mempunyai filosofis tersendiri,yaitu nomor yang penuh dengan kemenangan.

“Nomor satu ini adalah yang kami impikan , angka penuh dengan filosofi yang penuh dengan kemenangan ABR. Oleh karena itu,mari kita jaga nomor urut satu ini sehingga bisa menjadi nomor 1 pada 9 Desember nanti,” harapnya.

Sementara itu, pasangan Gaga saat memberikan sambutan hanya menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara dan mengimbau kepada seluruh masyarakat Butur untuk selalu menjaga keamanan.

Sedangkan Ridwan Zakariah mengimbau juga kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pendidikan politik yang baik. Semua pihak agar memberikan dan menyampaikan sesuatu yang sesuai fakta real yang dialami.

“Itu untuk berkualitasnya demokrasi yang sedang kita laksanakan ini,” imbuh Ridwan.

Calon incumbent ini juga menyampaikan apresiasi kepada KPU Butur yang telah sukses dalam melaksanakan setiap tahapan, begitu juga dengan pihak panwas yang telah sukses mengawasi proses tahapan sampai pada pengundian nomor urut.

Acara pengundian nomor ini dimulai sekitar pukul 10.00 Wita dan berlangsung selama dua jam, hingga selesai acara berjalan aman dan tertib. Dalam acara ini, ikut juga dihadiri oleh ketua DPRD Butur Rukman Basri Zakaria, Ketua Bawaslu Sultra Hamirudin Udu, komisoner Panwas Butur, unsur Muspida, sejumlah tokoh dan ratusan simpatisan masing-masing paslon.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com