Tampilan Desktop


Inilah Program Studi di UHO yang Paling Diminati
650 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menjadi universitas yang paling banyak diincar calon mahasiswa, baik calon mahasiswa asal Sultra maupun dari luar Sultra. Terbukti, jumlah pendaftar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015 di kampus ini tembus hingga 10.000 lebih orang. Jumlah ini diklaim meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 9.000-an pendaftar saja.

Meskipun jumlah pendaftar di UHO terbilang cukup besar, namun ternyata persebaran minat program studi (prodi) di universitas ini tidak merata. Ada sejumlah prodi yang sangat diminati, sementara beberapa prodi lainnya kurang diminati.
Wakil Rektor Bidang Akademik UHO La Rianda mengatakan, tahun ini UHO menyediakan 4.000 kursi bagi mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN. Sayangnya, dari sekian banyak prodi yang tersedia, pendaftar lebih memilih prodi yang  memiliki banyak peminat sementara daya tampung yang tersedia tidak begitu besar.
“Persaingan pasti akan semakin ketat karena satu prodi “dikerumuni” banyak orang sementara masih ada prodi lainnya yang tidak terlalu dilirik,” kata La Rianda ditemui di Gedung Soleh Solahudin Rektorat UHO, Selasa (9/6/2015).
Hal senada juga pernah diungkapkan Rektor UHO, Usman Rianse. Menurutnya, tidak ada pola yang berubah dari cara masyarakat Sultra memilih jurusan, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang lebih berorientasi pada keinginan bukan pada besarnya peluang untuk lulus. Jurusan atau prodi yang memiliki banyak peminatnya masih didominasi oleh prodi-prodi “elit” seperti kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat dan teknik informatika. (Jumriati)
Prodi paling diminati kategori IPA:
1. Farmasi (daya tampung 60 kursi, pendaftar 723).
2. Pendidikan dokter (daya tampung  40 kursi, pendaftar 648)
3. Teknik Informatika (daya tampung 21 kursi, pendaftar 608)
4. Geografi (daya tampung 30 kursi, pendaftar 404)
5. Kesehatan masyarakat (daya tampung 75 kursi, pendaftar 352)
6. Teknik sipil (daya tampung 21 kursi, pendaftar 390)
Prodi paling diminati kategori IPS:
1. Manajemen (daya tampung 60 kursi, pendaftar 594)
2. Akuntansi (daya tampung 45 kursi, pendaftar 568)
3. PGSD (daya tampung 35 kursi, pendaftar 648)
4. Penjaskesrek (daya tampung 30 kursi, pendaftar 426)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com