Tampilan Desktop


Inilah Titik Rawan DBD di Konsel
97 Dibaca

Inilah Titik Rawan DBD di Konsel

Basmi DBD – Tampak mobil yang tengah melakukan pengasapan di Masjid Raya Kelurahan Punggaluku, Kecamatan Laeya, Konsel. Pengasapan itu bertujuan membasmi nyamuk penyebab DBD pada beberapa daerah rawan DBD, Rabu (27/1/2016). (Irfan Mualim/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan fogging atau pengasapan pada beberapa daerah yang dianggap rawan demam berdarah dangue (DBD).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Konsel, Hamid mengatakan, kegiatan fogging telah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu dengan memprioritaskan daerah rawan DBD.

Dikatakan, ada beberapa daerah rawan yang telah difogging seperti Desa Pangan Jaya, Desa Pamandati, Desa Lamong Jaya, Desa Ombu-ombu Jaya dan Kelurahan Punggaluku.

“Khusus Desa Pangan Jaya seluruh rumah warga telah difogging karena DBD di desa ini telah tersebar di tiap dusun sedangkan daerah lain itu hanya kita fogging pada beberapa tempat saja yang dianggap rawan seperti masjid dan lokasi yang diperkirakan menjadi tempat nyamuk bersarang,” kata Hamid ditemui di lokasi fogging di Kelurahan Pungguluku, Rabu (27/1/2016).

Dia melanjutkan, bahan yang digunakan dalam fogging ini adalah obat cynoff yang telah direkomenasikan oleh organisasi kesehatan dunia, WHO.

Sementara itu, Sukarman (41), warga Kelurahan Punggaluku mengungkapkan, kegiatan fogging tersebut sangat baik untuk kesehatan warga setempat. Dia pun berharap, foging tersebut tidak hanya dilakukan ketika sudah ada kasus DBD yang terjadi, melainkan rutin setiap penghujung tahun dan juga awal tahun.

“DBD ini kan biasanya terjadi di musim hujan,” kata dia.

Untuk diketahui, proses fogging tersebut merupakan kerjasaam Dinkes Konsel dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari.

 

Penulis: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com