Investasi Rp 200 Miliar, PT UAM Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Konawe

2
Investasi Rp 200 Miliar, PT UAM Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Konawe
PT UAM - PT UAM rencananya akan membangun kelapa sawit di Kabupaten Konawe. Tampak konsultan hukum PT UAM, Amir Faisal bersama GM PT UAM. (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)
Investasi Rp 200 Miliar, PT UAM Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Konawe
PT UAM – PT UAM rencananya akan membangun kelapa sawit di Kabupaten Konawe. Tampak konsultan hukum PT UAM, Amir Faisal bersama GM PT UAM. (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Utama Agrindo Mas (UAM) akan mendirikan pabrik pengolahan kelapa sawit di Desa Wowalahumbuti, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra)

Konsultan Hukum PT UAM Amir Faisal mengatakan, untuk pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit ini pihaknya sudah melakukan pembebasan lahan seluas 40 hektar. Pembebasan lahan ini diakuinya sudah memiliki legalitas hukum yang ditandatangani bersama antara pemerintah setempat, warga, dan PT UAM.

“Jadi untuk pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit ini kami akan mulai bulan depan dan akan tuntas pada awal 2018 mendatang,” kata Amir Faisal di ruang kerjanya, Minggu (26/2/2017).

Sementara itu, General Manager PT UAM Wahyu Hendra Basuki mengungkapkan, dalam proses pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit ini pihaknya berinvestasi sebesar Rp 200 miliar.

Dalam pengoperasian pabrik nantinya, pihaknya akan merekrut 115 orang karyawan yang 90 persen merupakan tenaga kerja lokal.

Untuk luas lahan pengolahan kelapa sawit lanjutnya, khusus untuk kebun inti dan plasma seluas 6 ribu hektare, perkebunan swasta 4 ribu hektare, tanaman masyarakat 1.000 hektare. Jadi total luas lahan mencapai 11 ribu hektare.

“Target kami sendiri untuk pembangunan pabrik ini akan dilaksanakan selama 12 bulan. Jadi pabrik akan mulai beroperasi awal tahu depan,”
ujarnya.

Khusus untuk kapasitas produksi pabrik pengolahan kelapa sawit ini lanjutnya, bisa menghasilkan 1.000 ton setiap harinya.

Kepala desa Wowalahumbuti Sahir Gomo menuturkan, adanya pabrik pengolahan kelapa sawit milik PT UAM ini sangat membantu dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat di desanya. Apalagi PT UAM membagikan bibit pohon kelapa sawit kepada warga di desa Wowalahumbuti. (B)

 

Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here