Tampilan Desktop


Isu Kecurangan Penetapan PPK di Konsel Diinvestigasi Bawaslu
16 Dibaca

Image
Hamiruddin UduZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Selasa (19/5/2015), dalam rangka investigasi adanya isu kecurangan dalam proses rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah itu.
Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan, dalam proses perekrutan hingga penetapan PPK diharapkan berjalan sesuai aturan yang berlaku.  Makanya, dengan adanya isu tersebut ia bersama sejumlah staf sengaja datang ke Konsel untuk memastikan penetapan peyelenggara pemilihan umum (pemilu) di tingkat kecamatan itu telah sesuai dengan syarat yang peraturan yang ada.
“Kita di Bawaslu mau memastikan orang yang masuk dan ditetapkan menjadi PPK itu memang betul-betul telah memenuhi syarat. Kita datang kesini juga dalam rangka itu melakukan investigasi,” kata Hamirudin Udu saat diwawancarai oleh awak Zonasultra.com dikantor KPU Konsel, Selasa (19/5/2015).
Hamirudin menjelaskan salah satu bentuk kecurangan yang bisa saja terjadi yakni adanya PPK yang berstatus PNS tapi tidak memiliki izin  tertulis dari atasannya. Sedangkan bagi penggurus Partai Politik (Parpol), tentu sangat  sangat dilarang untuk masuk sebagai penyelenggara pemilu.
Kalau kecurangan itu sampai terjadi maka menurut Hamirudin akan mempengaruhi proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Konsel yang akab digelar Desember 2015. Tidak hanya itu, kalau terbukti pihaknya juga akan memberikan rekomendasi kepada KPU tersebut untuk dilakukan perbaikan.
“Sangat mungkin ke depan itu akan mengganggu proses tahapan sehingga kita antisipasi memang dari sekarang, kalau memang melanggar seperti administrasi itu akan direkomendasikan,” ujarnya.
Jika masyarakat dari awal sudah mulai ragu atau kurang percaya terhadap penyelenggara pemilu maka akan terasa sulit nantinya, bahkan hal tersebut menjadi salah satu adanya potensi konflik yang lebih besar kedepannya. Diapun berharap pihak KPU Konsel tetap bekerja secara profesional sehingga tahapan penyelenggaraan yang telah terjadwal itu tidak terganggu.
“Untuk hasil investigasinya (isu kecurangan-red) kami akan sampaikan dengan transparansi dan waktu yang kami butuhkan itu sekitar seminggu,” tutupnya. (**Efan)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com

© Copyright 2016 - PT. Citra Media Abadi