Tampilan Desktop


Jadi Tersangka, Mantan KBUD Bombana Diperiksa Kejati
152 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali memeriksa satu tersangka dugaan korupsi penyalahgunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bombana. Dia adalah mantan Kuasa Bendahara Umum Daerah (KBUD) berinisial ZN yang menjalani pemeriksaan sebagai tersangka oleh pihak Kejati Sultra.

ZN yang datang ke Kejati dengan mengenakan pakaian kemeja biru tua kotak-kotak dan celana hitam itu yang didampingi penasihat hukumnya, Ayatullah SH, pada Senin (21/3/2016) sekitar pukul 14.00 wita. Usai menjalani pemeriksaan, tersangka ZN maupun penasihat hukumnya enggan memberikan komentar terkait pemeriksaannya.

Ilustrasi Tersangka

Ilustrasi

Kepala Seksi Penerangan Hukum (kasipenkum) dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kejati Sultra, Janes Mamangkey mengatakan, pihaknya telah melakukan pemanggilan kepada tersangka ZN untuk dilakukan pemeriksaan.

“Sesuai dengan jadwal pemeriksaan yang telah ditentukan, hari ini kami akan melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan (tersangka), namun batal dilakukan dikarenakan tersangka Zn tidak membawa dokumen kelengkapan untuk pemeriksaannya, sehingga akan dilakukan pemeriksaan ulang pekan depan,” tuturnya.

Hari ini, lanjutnya, pemeriksaan ZN kapasitasnya sebagai tersangka dalam penyalagunaan APBD Kabupaten Bombana saat dirinya menjabat sebagai KBUD tahun 2007-2009 sebagaimana dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka dengan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (Sprindik)  No.13/R.3/FD.1/09/2015 tertanggal 1 September 2015.

Kasus ini diusut Kejati Sultra setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2012 menemukan adanya kerugian negara sekitar Rp.41 miliar. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 2 dan 3 Undang-Undang 31 Tahun 1999 sebagai mana telah diubah dan disempurnakan oleh UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

Penulis : Randi
Editor  : Rustam

Tagged with: ,
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com