Tampilan Desktop



Jaga Keselamatan Warga Saat Berolahraga, Satlantas Polres Muna Terapkan Car Free Day
124 Dibaca

Jaga Keselamatan Warga Saat Berolahraga, Satlantas Polres Muna Terapkan Car Free DayCAR FREE DAY – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muna saat menutup dan menjaga beberapa kendaraan agar tidak mengganggu kenyamanan warga yang sedang berolahraga di seputaran SOR La Ode Pandu, Minggu (16/7/2017). (Kasman/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, RAHA – Guna menjaga keselamatan masyarakat saat berolahraga, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menerapkan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor setiap hari Minggu yang dipusatkan di seputaran Sarana Olahraga (SOR) La Ode Pandu.

Kasatlantas Polres Muna Ajun Komisaris Polisi (AKP) Alfin mengatakan, dalam kegiatan car free day ini pihaknya menutup salah satu akses jalan sehingga masyarakat bisa berolahraga dengan puas, nyaman dan aman karena tidak ada hambatan kendaraan yang lalu lalang.

Selain itu, Alfin juga menyiapkan beberapa sarana seperti taman lalu lintas portable (sarana untuk pembelajaran anak usia dini tentang berlalu lintas). Orang tua yang membawa anak kecilnya bisa memperdayakan sarana ini, sebagai pembelajaran bagi anak-anak tentang lalu lintas, belajar sambil bermain.

“Di sini kami menyiapkan sepeda dan beberapa miniatur jalan raya. Sehingga anak-anak bisa bermain dan orang tua dapat berolahraga dengan tanpa menjaga anak-anaknya, karena anak-anaknya akan dijaga oleh polisi lalu lintas,” ujar Alfin saat dihubungi, Minggu (16/7/2017).

Lanjut Alfin, selain menyiapkan taman lalu lintas portable, ia juga menyiapkan klinik mengemudi. Dimana klinik ini, pihaknya menyiapkan satu unit mobil sebagai alat praktek sehingga masyarakat mengetahui tata cara berkendaraan yang baik dan benar.

“Kami peragakan, kemudian masyarakat yang melaksanakan car free day juga bisa mempraktekkan dan dibimbing oleh polisi lalu lintas yang bertugas,” ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap Minggu dan selalu berjalan. Hanya saja temanya akan dirubah sesuai kebutuhan yang akan disampaikan oleh pihaknya. Selain itu, pihaknya menyediakan senam zumba bareng polantas. Jadi bagi masyarakat yang selesai berolahraga bisa langsung senam bersama polantas dan sama-sama dapat berolahraga di car free day ini.

Asis (37), salah seorang warga saat ditemui di SOR mengaku sangat senang karena selama ini setiap berolahraga sering mendapatkan pengendara yang ugal-ugalan.

“Dengan adanya car free day dan anggota Satlantas yang berjaga seperti sekarang ini, kita merasa nyaman juga dalam berolahraga. Setidaknya kita sudah diwas-was lagi dalam berolahraga,” tuturnya. (B)

 

Reporter : Kasman
Editor : Jumriati
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free