Jaga Stabilitas Harga Beras, Bulog Gelar Operasi Pasar

12
Jaga Stabilitas Harga Beras, Bulog Gelar Operasi Pasar
OPERASI PASAR - Dalam menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar operasi pasar di dua pasar yaitu Pasar Basah Mandonga dan Pasar Sentral Kota di Kota Kendari, Senin (11/12/2017). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

Jaga Stabilitas Harga Beras, Bulog Gelar Operasi PasarOPERASI PASAR – Dalam menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar operasi pasar di dua pasar yaitu Pasar Basah Mandonga dan Pasar Sentral Kota di Kota Kendari, Senin (11/12/2017). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar operasi pasar di dua pasar di Kota Kendari, Senin (11/12/2017).

Jaga Stabilitas Harga Beras, Bulog Gelar Operasi PasarKepala Seksi Penyaluran Bulog Divre Sultra Muhammad Abdan Djarmin mengatakan pelaksanaan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP-CBP) dilakukan untuk menjaga stabilitas harga pangan terutama beras. Pasalnya, di Desember ini menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru dan biasanya bahan pangan mengalami kenaikan harga.

“Bulog melaksanakan operasi pasar ini juga menjaga masa paceklik diawal 2018 nanti,” jelasnya saat ditemui di Pasar Basah Mandonga.

Dia menyebutkan operasi pasar dimulai pada Senin, 11 Desember 2017. Dan kemungkinan pelaksanaan dilakukan sampai awal 2018.

Lokasi operasi pasar dilakukan di dua tempat yaitu Pasar Sentral Kota dan Pasar Basah Mandonga. Pastinya akan ada perluasan pelaksanaan operasi di pasar-lainnya di Kota Kendari.

Sementara, wilayah Sultra lainnya juga akan melakukan hal serupa untuk menjaga stabilitas harga. Selain itu, pihaknya akan memanfaatkan outlet-outlet Rumah Pangan Kita (RPK) yang terletak di perumahan warga

Abdan menuturkan dalam menyalurkan beras, Bulog memenuhi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Beras dipasarkan dalam bentuk kemasan lima kilogram seharga Rp40.500, sedangkan beras per kilogram Rp8.100.

“Jauh dari harga eceran tertinggi (HET) beras medium,” tambahnya.

Pihaknya mengharapkan ke depan harga pangan beras khususnya di Kota Kendari tetap stabil dan inflasi dapat terjaga. Tidak hanya memasarkan beras, Bulog juga akan memasarkan gula, bawang putih, bawang merah, dan minyak goreng. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Tahir Ose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here