Tampilan Desktop



Jalan Rusak Turunkan Laba ASDP Baubau Hingga Rp 2 Miliar
30 Dibaca

Hal tersebut disampaikan Direktur Usaha Penyeberangan PT. ASDP Youlman Jamal saat bertemu dengan anggota Komisi VI DPR RI di Hotel Grand Clarion, Kendari, Selasa (17/3/2015). Dikatakan, sejak tahun 2

Hal tersebut disampaikan Direktur Usaha Penyeberangan PT. ASDP Youlman Jamal saat bertemu dengan anggota Komisi VI DPR RI di Hotel Grand Clarion, Kendari, Selasa (17/3/2015). Dikatakan, sejak tahun 2010 hingga 2013 terjadi peningkatan trip kapal dan peningkatan produksi baik penumpang, kendaraan maupun barang. Namun pada 2014 meskipun ada peningkatan trip kapal, namun justru terjadi penurunan produktifitas.
“Secara pelayanan kita memang meningkat namun adanya beberapa ruas jalan yang rusak menyebabkan masyarakat lebih memilih menggunakan jasa lain,” kata Youlman.
Selain infrastruktur jalan, belum baiknya sarana dan prasarana pelabuhan dan dermaga juga menjadi penyebab lain menurunnya produktifitas ASDP. Hal tersebut berpotensi mengurangi kualitas pelayanan penyeberangan, baik dari segi keamanan sandar kapal maupun kualitas pelayanan.
Akibatnya, pendapatan ASDP Baubau tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan seperti di tahun 2010 sampai 2013 lalu. Tahun 2014 pendapatan mencapai Rp 44,8 miliar, hanya sedikit mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2013 yang mencapai Rp 41,7 miliar. Hal ini merembet pada laba yang menurun dari sekitar Rp 4 miliar pada 2013 menjadi Rp 2 miliar pada 2014.
Adapun jalan yang mengalami kerusakan yaitu jalan raya Raha-Wamengkoli yang menghubungkan penyeberangan Baubau-Waara. Begitupun jalan raya Mawasangka-Wamengkoli yang menghubungkan Baubau-Waara. Selanjutnyam jalan raya Kamaru-Baubau yang menghubungkan Kamaru-Wanci, serta jalan raya Sikeli-Dongkala yang menghubungkan Dongkala-Mawasangka.
“Kami berharap pemerintah daerah bisa segera memperbaiki jalan-jalan tersebut. Apalagi pemakai jasa sudah banyak yang beralih ke kapal cepat. Sudah ada competitor, sementara permintaan tidak terlalu signifikan,” terang Youlman.
Saat ini, ASDP Baubau sudah melayani sembilan lintasan, tujuh lintasan perintis dan dua lintasan komersil. Tahun ini, pihak ASDP berencana menambah tiga lintasan baru, yaitu Labuan-Amolengo, Baubau-Kadatua, dan Kasipute-Tondasi.(*/Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com