Tampilan Desktop


Jalani Tes Urine, 21 Crew Pesawat Negatif Narkoba
62 Dibaca

Jalani Tes Urine, 21 Crew Pesawat Negatif Narkoba

TES URINE – Sebanyak 21 orang crew pesawat di Bandara Halu Oleo, menjalani pemeriksaan urine oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (27/6/2016). Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 21 orang crew pesawat dari maskapai penerbangan pemerintah dan swasta di Bandara Halu Oleo, menjalani pemeriksaan urine oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra). Pemeriksaan ini dilakukan, dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada, Minggu (26/6/2016) kemarin.

Kepala BNNP Sultra, Kombes Pol Fauzan Djamal mengatakan, pemeriksaan urine terhadap crew pesawat ini dilakukan, guna melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba kepada awak jasa transportasi udara, darat, maupun laut.

“Kita melaksanakan ini untuk untuk menjamin keselamatan crew dan penumpang pesawat, jika sudah terdeteksi menggunakan narkoba, maka rawan terjadi kecelakaan,” tuturnya, Senin (27/6/2016).

Hasil Tes Urine

Hasil Tes Urine

Sebelumnya, pihaknya lanjut Fauzan, BNNP telah melakukan pemeriksaan terhadap 31 orang awak angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di terminal Puuwatu dan Baruga dengan hasil negatif.

“Yang kita periksa ini medical examination atau tes kesehatan, 7 orang, 2 kopkit dan 2 awak kabin. Ini prosesnya cepat, rapid test, 5 sampai 10 menit sudah bisa ketahuan hasil testnya,” tutupnya.

Sementara itu, Annisa salah seorang pramugari dari maskapi penerbangan swasta, mengungkapkan, sejak tiga tahun berprofesi sebagai pramugari, dirinya sudah beberapa kali menjalani pemeriksaan urine.

“Sebelumnya sudah pernah sih tes urine, dua kali waktu di Cengkareng sama Bali. Tapi dulu waktu mendaftar jadi pramugari sempat dites kesehatan juga, namanya tes examinasi. Tidak tau kalau ada pemeriksaan, pas masuk tau-tau sudah disuruh masuk keruangan,” ujarnya. (A)

 

Reporter: Randi Ardiansyah
Editor Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com