Tampilan Desktop



JarAKK Bombana: Penegak Hukum Usut Kerusakan Pengaspalan Jalan Dongkala- Lengora
120 Dibaca

Direktur eksekutif, JarAKK Bombana, Muhammad Anis menilai proses pekerjaan proyek pengaspalan Dongkala-Lengora tidak sesuai bestek sehingga hasilnya pun terkesan sembrono.”Pa Kadis PU ha

Direktur eksekutif, JarAKK Bombana, Muhammad Anis menilai proses pekerjaan proyek pengaspalan Dongkala-Lengora tidak sesuai bestek sehingga hasilnya pun terkesan sembrono.

“Pa Kadis PU harus bertanggung jawab atas kerusakan jalan ini. Sejak awal kami sudah ingatkan agar pekerjaan proyek itu jangan asal jadi, tapi pak Kadis ini pasang badan. Kalau sudah begini jadinya, dia harus bertanggung jawab, kami juga mengharapkan pihak penegak hukum untuk mengusut kasus ini,” kata Anis, Rabu (7/1/2015).

Anis menuturkan, jika dalam proses pengaspalan jalan tersebut terlihat  berbeda dari yang lainnya. Pasalnya, proses pengaspalan ditempat lain pastinya diawali dengan melakukan penimbunan badan jalan  menggunakan tanah, pasir dan batu (Tasirtu), sementara yang terjadi di Dongkala- Lengora itu tidak dilakukan pihak kontraktor.

Sama halnya dengan penimbunan bahu jalan. Proses pengaspalan jalan Dongkala-Lengora ini diabaikan setelah diaspal.

“Hasil pantauan kami, dalam proses pengaspalan jalan ini tidak ada penimbunan badan jalan lebih awal. Pihak rekanan langsung menghambur batu suplit secara manual lalu disiram pakai ter (aspal cair), selanjutnya ditutup pakai pasir. Selesai itu sudah, tidak ada lagi penimbunan bahu jalan,” ungkap Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bombana ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas PU Bombana, Djalaluddin mengaku akan bertanggung jawab jika terjadi kesalahan dalam proyek pekerjaan itu. Kata dia, dalam proses pekerjaan  yang didikerjakan PT. Merah Putih Alam Lestari dengan nomor kontrak 605/06/FSJLN/PPK-BM/IV/2014 tersebut yang menelan anggaran sebesar 5 miliar lebih ini sudah tidak ada masalah karena telah dikerjakan sesuai bestek yang ada.

“Saya akan bertanggung jawab penuh jika terjadi kesalahan dalam pekerjaan ini. Semua tahapan pengaspalan ini sudah dikerjakan sesuai spek,” ujar mantan Camat Kabaena Barat ini. (Hasman)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free