Tampilan Desktop


Jaringan Pipa Rusak Akibat Pengerjaan Jalan, PDAM Kendari Merugi Rp 300 Juta
70 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam kurun dua bulan terakhir tingkat kehilangan air PDAM Kota Kendari, Sulawesi Tenggara semakin tinggi. Akibatnya, banyak pelanggan yang mengeluh akibat tidak mendapatkan pelayanan air bersih.

Direktur PDAM Kota Kendari Damin

Damin

Direktur PDAM Kota Kendari Damin mengatakan, dampak tingkat kehilangan air PDAM ini sangat dirasakan oleh masyarakat. Menurut dia, tingginya kehilangan air ini disebabkan banyaknya pengerjaan katingan jalan di Kota Kendari sehingga banyak pipa PDAM yang rusak dan airnya terbuang percuma ke jalan. Dengan kondisi ini, kata Damin, pelayanan terhadap masyarakat tentu akan menjadi semakin parah.

“Salah satu wilayah yang saat ini paling merasakan dampak rusaknya sistem jaringan pipa PDAM adalah masyarakat di Jalan Rumah Sakit Jiwa Kelurahan Tobuha Kecamatan Puwatu. Masyarakat disana bahkan sudah mendatangi kami akibat tidak adanya pelayanan air bersih di wilayahnya, ” kata Damin, Selasa (12/7/2016).

Menurut Damin, air tidak bisa dialirkan ke wilayah Tobuha lantaran jaringan pipa rusak akibat pengerjaan jalan. Pihak kontraktor yang mengerjakan jalan tersebut juga masih melakukan pemesanan pipa di Surabaya untuk mengganti pipa PDAM yang rusak.

Tiga hari menjelang Lebaran, tambah Damin, pihaknya memberikan pelayanan air gratis bagi warga jalan rumah sakit jiwa. Masyarakat dibolehkan mengambil air secara gratis di PDAM dengan membawa mobil tower.

Dalam waktu satu minggu ini, kata dia, untuk wilayah jalan rumah sakit jiwa pihaknya akan menerapkan sistem katub. Sistem ini diharapkan bisa melayani masyarakat di sekitar Rusunawa, Pemakaman Umum Punggolaka dan lingkungan sekitarnya.

Adapun kerugian yang diderita PDAM Kota Kendari akibat kerusakan pipa tersebut berkisar Rp 200 juta hingga Rp 300 juta.

“Kalau sebelum adanya kerusakan pipa ini pemasukan kami perbulan Rp 2,7 milliar tetapi selama terjadi kerusakan kami hanya mencapai pemasukan Rp 2,4 milliar. Tetapi hal ini kami yakin tidak akan berlangsung lama, sebab seiring baiknya jaringan pipa maka pelayanan akan kembali normal,” ujarnya. (B)

 

Reporter: M Rasman Saputra
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com