Tampilan Desktop


Jatah USN Kolaka 2.000 Orang, Pelamar Tembus 3.000
35 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pelamar mahasiswa baru (maba) di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), menembus angka 3.000 orang dari jatah yang disiapkan sebanyak 2.000 kursi. Besarnya jumlah pendaftar ini membuka kemungkinan USN tidak lagi membuka penerimaan maba melalui jalur lokal.

“Kita harus melihat seberapa banyak calon maba yang lolos seleksi melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri) dan jalur bebas tes tahun ini. Dari situ baru bisa kita tetapkan, apakah kita perlu buka seleksi lokal,” jelas Rektor USN Azhari di kantornya, Selasa (9/6/2015).
Azhari menambahkan, jika nantinya masih memungkinkan untuk membuka seleksi jalur lokal, pihaknya akan mengutamakan mahasiswa dari wilayah Kolaka dan Sultra secara umum. Pihaknya tidak akan menerima mahasiswa dari luar Sultra.
Dengan berdasarkan pada jumlah total peserta yang sudah mendaftar saat ini, kuota maba untuk USN sudah terpenuhi. Namun Azhari masih belum yakin, sebelum ada jumlah total peserta yang lolos seleksi untuk mengisi bangku kuliah pada 12 program studi di kampus itu.
Sementara itu, sebanyak 765 orang calon maba peserta ujian SBMPTN mengikuti ujian seleksi di kampus USN mulai hari Selasa (9/6/2015) ini. Pelaksanaan ujian dilakukan dalam tiga lokasi. 
Lokasi pertama bertempat di ruang perkuliahan kampus USN Kolaka, lokasi kedua di ruang belajar SMKN 1 Kolaka, dan lokasi ketiga ditempatkan di ruang belajar SMK Kelautan Kolaka. Dari 39 ruangan yang disiapkan panitia, terlihat beberapa ruangan hanya tersisi maksimal 20 orang peserta.
Pantauan zonasultra.com di kampus USN, proses pelaksanaan ujian yang baru pertama kali diadakan di Kolaka itu tidak mengalami hambatan apapun. Lembaran soal ujian sudah dibuka segelnya pukul 06.00 tadi pagi. Dari tiga lokasi ujian yang disiapkan, semua pengawas tidak menemukan kendala apapun dalam proses ujian tersebut.(*/Saban)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com