Tampilan Desktop

Jelang Dies Natalis, UHO Gelar Seminar Nasional Pengobatan Tradisional
74 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menjelang Dies Natalis ke-34 Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari yang jatuh pada 19 Agustus, kampus terbesar di Sulawesi Tenggara ini menggelar seminar nasional kesehatan dan budaya bertema “Ethnomedicine (Pengobatan Tradisional) untuk Harmonisasi dan Kesejahteraan Berkelanjutan” di Auditorium Mokodompit UHO, Sabtu (15/8/2015).

Dalam seminar ini, UHO mendatangkan pemateri dari berbagai bidang seperti Idrus Andi Paturusi, guru besar Orthopedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, dr Lestari Handayani dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI, dr Aldrin Nelwan dari Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia dan Keri Lestari, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran.

Dalam kuliah umumnya, Keri Lestari menjelaskan, spesies tanaman herbal di dunia ada sekitar 40.000 jenis dan 30.000 diantaranya berada di Indonesia.
Kondisi ini, menurutnya merupakan suatu peluang besar untuk mengembangkan pengobatan tradisional (ethnomedicine) di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara yang memiliki potensi marine farmasi yang sangat besar.

Keanekaragaman tanaman herbal tersebut, lanjut Keri mulai dari sekarang harus dieksplor. Karena jika dibiarkan tanpa diteliti dan dimanfaatkan justru bisa menjadi keunggulan dari negara lain. Apalagi dalam waktu yang tak lama lagi Indonesia akan menghadapi pasar tunggal ASEAN atau MEA.

“Inilah tanggung jawab akademisi dan mahasiswa UHO untuk menggali potensi ethnomedicine di Sultra. Kita teliti, kita kelola dan kita manfaafkan dengan baik dan pada akhirnga akan mensejahterakan masyarakat kita,” kata Keri.

Ia juga menekankan mahasiswa untuk meneliti yang bersumber dari masyarakat dan kembalikan ke masyarakat.

“Sekarang pilihan ada di tangan kita, apa kita ingin memanfaatkan potensi tanaman herbal kita yang sangat besar untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat kita atau kita berdiam diri saja dan melihat tanaman kita dimanfaatkan oleh negara lain,” ujarnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com