Tampilan Desktop


Jelang Idul Adha, Harga Sembako Masih Stabil
148 Dibaca

harga sembako jelang idul adha

Harga Sembako : Suasana Pasar Sentral Kota Kendari menjelang Idul Adha dengan harga yang masih terpantau normal. (Foto : Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Harga sembilan bahan pokok (sembako) di beberapa pasar tradisional Kota Kendari menjelang Idul Adha yang jatuh pada tanggal 12 September 2016, masih terbilang normal.

Di Pasar Sentral Kota Kendari, contohnya, harga bawang merah masih berkisar Rp 50.000 perkilogram, bawang putih Rp 40.000 sampai Rp 45.000 perkilogram. Seperti diungkapkan Fitri, salah seorang pedagang di pasar Sentral Kendari.

” mendekati hari raya lebaran haji ini harga kebutuhan pokok masih normal.
Harganya masih stabil, karena stok barang juga masih banyak,” kata Fitri di pasar Sentral Kota Kendari, Sabtu (3/9/2016).

Budi, seorang pedagang di Pasar Sentral Kota juga memaparkan hal yang sama terkait harga daging yang masih dijual Rp 100.000 perkilogram. Sementara, harga ayam potong di pasar itu masih berkisar Rp 60.000 sampai Rp 65.000 perekornya.

Sedangkan harga ayam potong di pasar Korem Kendari kata Isman, masih tergolong stabil yaitu Rp 60. 000 perekor. Para pedagang menyebutkan bahwa kenaikan harga ayam diperkirakan akan mengalami kenaikan pada H-3 lebaran.

“Jika ada pemberitahuan dari perusahaan terkait akan dinaikan harga ayam, maka kami pedagang akan menaikan harganya,” tutur Rahman.

Begitupula dengan harga telur. Menurut Zulkifli, salah seorang penjual telur di Pasar Basah Mandonga mengatakan, harga tersebut masih berkisar Rp 37.000 sampai Rp 40.000 /rak. Tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan harga dibandrol per raknya Rp 38.000.

Berbeda dengan kebutuhan pokok lainnya, harga beras dan terigu tergolong stabil sepanjang tahun ini. Ada beberapa harga kebutuhan pokok masyarakat yang malah turun seperti gula pasir. Harga gula saat ini Rp 16.000 dari harga sebelumnya Rp 18.000 perkilogram.

Minyak goreng Bimoli misalnya, untuk saat ini, berdasarkan penuturan Takim, salah seorang pedagang, masih berkisar Rp 28.000 perliter. Para pedagang menyebutkan, harga yang diberikan masyarakat baik harga naik maupun turun akan disesuaikan dengan harga yang diberikan oleh pemasok dan ketersediaan barang.

Para pedagang mengaku belum terjadi kenaikan harga sembako saat ini. Pedagang memperkirakan kemungkinan kenaikan harga akan terjadi lima hari sebelum hari lebaran. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor      : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com