Tampilan Desktop

Jelang Lebaran, Dewan : RPH Jangan Lagi Potong Hewan Bunting
11 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – DPRD Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali mengingatkan rumah pemotongan hewan (RPH) setempat untuk tidak lagi menyembelih hewan yang sedang bunting pada saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Anggota komisi II DPRD Kota Kendari Henny Handayani Latjinta mengungkapkan, dua bulan lalu sudah pernah dilaksanakan rapat dengar pendapat (Hearing) terkait temuan sapi bunting yang disembelih RPH Kendari.
Saat itu lanjut politis PDIP ini, rekomendasi DPRD kota Kendari sudah sangatlah jelas bahwa tidak boleh lagi ada hewan yang dipotong dalam kondisi hamil. Sebab secara syariat agama hal tersebut melanggar.

“RPH hendaknya menghargai umat Muslim yang akan merayakan Idul Fitri. Untuk itu, kami inginkan rekomendasi yang telah kami keluarkan tetap dipatuhi oleh mereka,” jelas Henny di kediamannya, Sabtu (11/7/2015).

Selain itu juga, kondisi kesehatan hewan yang hendak disembelih hendaknya juga menjadi perhatian buat RPH Kendari. Sebab dampak negatifnya, akan menggangu kesehatan masyatakat.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari Zainal Arifin menuturkan, pegawasan terhadap hewan yang akan disembelih menjelang lebaran nantinya akan lebih selektif. Pihaknya pun menjamin, tidak akan ada lagi hewan yang dipotong dalam kondisi bunting.

“Saya menjamin rekomendasi DPRD Kota Kendari untuk tidak akan menyembelih hewan bunting akan tetap kami patuhi. Kesehatan hewan yang akan dipotong pun akan kami awasi dengan maksimal,” tutur Zainal.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com