Tampilan Desktop


Jelang Lomba Perahu Hias, SKPD Berlomba Tampilkan Hiasan Terbaik
70 Dibaca

Jelang Lomba Perahu Hias, SKPD Berlomba Tampilkan Hiasan Terbaik

Salah satu perahu hias yang akan dilombakan (Jumriati/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini memusatkan peringatan HUT RI ke-71 di Pulau Bokori, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Salah satu rangkaian dari peringatan HUT RI kali ini adalah lomba perahu hias. Khusus SKPD diwajibkan menyiapkan tiga unit perahu hias sehingga diperkirakan sekitar 200 kapal hias akan menyemarakkan perayaan HUT RI di Pulau Bokori.

Berdasarkan pantauan ZONASULTRA.COM, Selasa (16/8/2016), saat ini sejumlah SKPD tengah menghias perahu nelayan yang akan diikutkan dalam lomba perahu hias 17 Agustus besok.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra misalnya, mereka menyewa perahu milik nelayan setempat dan menghiasnya dengan atribut bernuansa merah putih lengkap dengan spanduk yang menunjukkan asal SKPD tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sultra, Sapoan mengatakan, pihaknya tidak mengeluarkan anggaran khusus untuk mengikuti lomba perahu hias. Bahan-bahan yang mereka gunakan merupakan milik kantor yang tidak lagi digunakan.

“Palingan perahu nelayan yang kami sewa karena sudah dua hari dia tidak melaut,” kata Sapoan.

Begitu pun dengan Dinas Perkebunan dan Holtikultura Sultra. Para pegawainya sibuk menghias kapal dengan nuansa merah putih. Tak ketinggalan pula mereka menambahkan atribut jambu mete dan kakao.

Jika kedua SKPD tersebut mengerjakan sendiri hiasan kapalnya, berbeda dengan Dinas Pekerjaan Umum Sultra yang lebih memilih memberdayakan masyarakat setempat untuk menghias kapalnya.

“Kapal kami disewa, peralatan juga dibelikan. Jadi kami tinggal hias,” kata Sakka, salah satu nelayan yang perahu miliknya disewa oleh dinas PU.

Sewa perahu nelayan ini pun bervariasi mulai dari Rp 300.000 untuk ukuran sedang hingga Rp 500.000 untuk ukuran yang besar.

Pemerintah Sultra tahun ini menggelar upacara HUT ke-71 RI di Pulau Bokori sebagai salah satu upaya mempromosikan Pulau Bokori sebagai destinasi wisata di Sultra. (B)

 

Reporter: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com