Tampilan Desktop


Jelang Natal Harga Sejumlah Komoditi di Konut Naik
57 Dibaca

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Menjelang Natal dan tahun baru, harga sejumlah komoditi di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) rata-rata mengalami kenaikan.

Ilustrasi

Ilustrasi

Berdasarkan pantauan Zonasultra.com di sejumlah pasar di daerah itu pada Senin (21/12/2015), harga tomat mengalami kenaikan dari Rp 14.000 per kilo naik menjadi Rp 18.000. Begitu pun dengan cabe rawit dari Rp 16.000 naik menjadi Rp 21.000 per kilo. Minyak curah juga mengalami kenaikan dari Rp 8.000 per botol menjadi Rp 10.000 per botol.

Komoditi lainnya yang mengalami kenaikan adalah bawang merah, yang sebelumnya Rp 9.000 per liter naik menjadi Rp 12.000. Telur yang sebelumnya Rp 38.000 per rak juga naik menjadi Rp 40.000.

“Yah mau diapa, walaupun naik kami tetap harus beli karena ini kebutuhan makanan yang kita konsumsi, tadinya biasa kalau saya ke pasar bawa uang Rp 150 ribu sudah cukup untuk belanja di pasar, tapi akhir-akhir ini nanti Rp 250 ribu baru bisa terpenuhi untuk membeli kebutuhan makanan di pasar,” ungkap Nina.

Menurut para pedagang, kenaikan bahan pokok ini merupakan hal yang biasa di setiap perayaan hari besar keagamaan. Mereka menaikkan harga karena harga di pihak distributor juga mengalami kenaikan.

“Memang kalau menjelang hari besar kebutahan bahan pokok itu naik, sudah beginilah kondisinya kami juga membeli barang dan bahan jualan ini di distributor itu naik harganya, yah terpaksa kami jual juga di pasar agak beda harganya dari sebelumnya, karena kami juga ini yang pedagang kecil cari untung untung walaupun sedikit,” kata Tasrin.

 

Penulis: Jefri
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com