Tampilan Desktop


Jelang Paskah, Ratusan Jemaat Padati Gereja Orel Kendari
159 Dibaca

Jelang Paskah, Ratusan Jemaat Padati Gereja Orel Kendari

IBADAH JUMAT AGUNG – Suasana ratusan jemaat gereja Ora El Labora (Orel) Mandonga melaksanakan ibadah jumat agung untuk memperingati hari kematian yesus kristus, Jumat (25/3/2016) di Geraja Orel Jalan lawata. Dalam ibadah paskah tahun ini dipimpin oleh pendeta Agustinus Limin (baju putih). ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Mejelang perayaan paskah, ratusan jemaat memadati gereja Ora El Labora (orel) di Kecamatan Mandonga sejak pukul 07.15 Wita sebagai hari ibadah jumat agung.

Ketua panitia pelaksana tahun ini dipercayakan kepada pengurus kategorial anak remaja, Penatua Hery Sam Pasereng mengungkapkan hari ini merupakan kegiatan ibadah perjamuan kudus yang dilaksnakan sebanyak dua kali untuk memperingati hari kematian Yesus Kristus.

“pertama pagi ini dan sebentar sore lagi ada perjamuan kudus yang kedua,” kata Penatua Hery seusai ibadah,Jumat (25/3/2016).

Dengan tema berilah dirimu dalam kedamaian, Lanjut Penatua, makna yang dapat dipetik dari perayaan paskah tahun ini sebagai mahluk ciptaan Tuhan, seluruh umat manusia harus menyerahkan kedamaian dirinya kepada Tuhan untuk diperdamaikan kepada semua umat manusia tanpa terkecuali.

Untuk persiapan pelaksaan paskah tahun ini, ada penambahan sejumlah fasilitas seperti kursi serta dekorasi gereja karena padatnya jumlah jemaat yang meningkat dari tahun sebelumnya.

Pada dasarnya, perayaan paskah berlangsung sejak hari Kamis hingga puncaknya pada hari Minggu (27/3/2016). Untuk kegiatan dihari kamis disebut sebagai ibadah kamis putih, kemudian dihari Jumat disebut sebagai ibadah jumat agung yang dimaknai sebagai hari yesus disalipkan selanjutnya dihari Minggu sebagai puncak perayaan disebut sebagai ibadah paskah memperingati bangkitnya Yesus Kristus.

Uniknya, ada sejumlah kombinasi warna yang menjadi dekorasi dalam gereja, warna putih yang bermakna minggu kesengsaraan yesus, warna hitam sebagai peristiwa wafatnya yesus dan warna ungu sebagai warna kebangkitan yesus.

Salah satu jemaat Maskimum Bonde warga kelurahan Watulondo Kecamatan Puuwatu mengungkapkan paskah merupakan momen luar biasa yang dimaknai sebagai simbol penyelamatan guna memperkuat persekutuan jemaat serta semakin kuat dalam iman.

“Biasanya dalam keluaraga saya, malam ada ibadah khusus dan juga pagi tadi sebelum berangkat ada juga ibadah khusus, akan tetapi ibadah lainnya kami lakukan secara bersama dengan jemaat yang lain,” ungkapnya.

Untuk diketahui jumlah keseluruhan jemaat yang menghadiri ibadah pagi hari ini sekitar 800 jemaat, dimana jumlah jemaat yang mengikuti perjamuan kudus sekitar 600 jemaat dan setelah itu ibadah jumat agung berkahir pada pukul 10.25 wita.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com