Jelang Pemilu 2019, Kesbangpol Mubar Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas

54
Kepala Kesbangpol Mubar, La Ode Andi Muna
La Ode Andi Muna

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau masyarakat setempat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang pemilihan umum 17 April 2019 mendatang.

Kepala Kesbangpol Mubar La Ode Andi Muna mengatakan, menjaga stabilitas kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat, bukan hanya pemerintah. Sehingga dibutuhkan juga peran masyarakat itu sendiri.

“Tahun ini adalah tahun politik, sehingga saya mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pemilu dan menjaga suasana daerah ini kondusif, aman dan nyaman,” kata La Ode Andi Muna di kantornya, Jumat (20/2/2019).

Kesbangpol Mubar terus melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang menaikkan tensi politik. Olehnya itu, pemahaman akan masalah politik juga harus dimiliki oleh masyarakat.

(Baca Juga : KPU Mubar Ajari Penyandang Disabilitas Tata Cara Mencoblos)

“Salah satu tugas kita adalah menjamin keamanan di daerah ini. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat membantu Pemda Mubar menjaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Menurutnya, koordinasi juga sangat penting antara penegak hukum, pemerintah dan masyarakat. Jadi, ketika ada hal-hal yang kurang berkenan, atau ada sesuatu yang dinilai keliru, dapat didiskusikan secara bersama-sama.

Dia menambahkan, dirinya meyakini masyarakat Mubar akan bisa menjaga kondusifitas, apa lagi dua kali menggelar pesta demokrasi semua berjalan lancar. Hal ini menunjukkan kedewasaan masyarakat dalam berpolitik.

“Ini yang harus selalu kita pertahankan agar pemilu mendatang juga berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun,” harapnya.

Berdasarkan pantauannya, kata Andi Muna, sejauh ini wilayah-wilayah di Mubar tidak berpotensi ada konflik. Sebab, pihaknya intens melakukan pendekatan kepada masyarakat dan tokoh adat. “Insyaallah Mubar dalam Pemilu 2019 aman dan kondusif,” katanya. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib