Tampilan Desktop


Jelang Ramadhan, Polres Konawe Himbau Masyarakat Aktifkan Kembali Ronda
37 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Guna menekan meningkatnya angka kriminalitas jelang bulan suci Ramadhan, Kepolisian Resort (Polres) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta seluruh kepala desa (Kades) dan masyarakat untuk kembali mengaktifkan ronda malam, khususnya desa-desa yang berada di wilayah hukum Polres Konawe.

Jelang Ramadhan, Polres Konawe Himbau Masyarakat Aktifkan Kembali Ronda

Ilustrasi

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Konawe, AKBP Jemi Junaedi mengatakan, jelang Ramadhan, biasanya angka kriminalitas sedikit mengalami peningkatan, sehingga peran serta masyarakat dalam menciptakan suasana yang kondusif sangat dibutuhkan.

“Suratnya sudah sementara kita buat, dan akan segera kita kirim ke semua kepala desa dan camat. Artinya masyarakat kita minta untuk menjadi polisi diri sendiri, sehingga ruang gerak para pelaku kriminalitas semakin sempit,” kata Jemi Junaidi, Kamis (26/05/2016).

Selain pengaktifan ronda malam, pihaknya juga sudah mengeluarkan himbauan kepada para pedagang minuman keras (Miras) yang memiliki izin perdagangan untuk tidak melakukan aktifitas selama bulan suci Ramadhan. Jika masih melakukan aktifitas, pihaknya tidak segan-segan untuk melakukan tindakan hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Nah di sini yang susah adalah kesadaran masyarakat yang sering membuat miras lokal (pongasi), karena mereka ini tergolong pabrik rumahan. Hari ini kita tindak besok bikin lagi, terlebih bahan bakunya yang sangat mudah didapatkan,” ujarnya.

Menurut Jemi, memasuki bulan suci Ramadhan, pihaknya sudah membagi beberapa tim untuk melakukan patroli di semua wilayah hukum Polres Konawe, dengan memantau segala aktifitas masyarakat, terlebih masuknya paham radikalisme. (B)

 

Penulis: Restu
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com