Tampilan Desktop



Jembatan Ambruk Akibat Banjir di Desa Kamosope, Bupati Muna Instrusikan Segera Buat Jembatan Darurat
284 Dibaca

Jembatan Ambruk Akibat Banjir di Desa Kamosope, Bupati Muna Instrusikan Segera Buat Jembatan Darurat BANJIR MUNA – Bupati Muna LM. Rusman Emba meninjau langsung beberapa desa yang ada di Kecamatan Pasir Putih yang terdampak bencana banjir seperti di Desa Kamosope jembatannya ambruk diterjang arus banjir, Senin (29/5/2017). (Kasman/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, MUNA – Usai meninjau lokasi jembatan yang putus akibat banjir di Desa Kamosope, Kecamatan Pasir Putih, Bupati Muna LM. Rusman Emba langsung menginstruksikan pemerintah setempat dan instansi terkait untuk segera membuat jembatan darurat.

Menurut Rusman Emba, langkah pertama pihaknya akan membuat jembatan darurat untuk sementara waktu sambil mencari dana tak terduga di Pemda Muna.

“Jadi kita akan buat dulu jembatan alternatif dan akan membuatkan tanggul untuk rumah-rumah warga yang terkikis aliran sungai. Untuk jembatan permanen, saya akan mencari regulasi siapa tahu ada dana tak terduga kita dapatkan nantinya dan dialokasikan untuk bencana ini,” tuturnya.

Bupati menambahkan, terkait dengan rumah warga yang hanyut terbawa arus banjir, pihaknya akan berkoordinasi kepada masyarakat bersama kepala desa dan camat untuk melihat apa saja yang harus dibenahi. Sebab, menurutnya, tanggul rumah yang bermasalah sehingga terkikis banjir. “Jadi kalau tidak ditanggul secepatnya rumah itu akan hanyut. Untuk itu harus ada antisipasi secepatnya mengenai masalah ini,” ujarnya.

Selain jembatan yang ambruk, ada juga beberapa tempat yang bermasalah seperti aliran listriknya mati akibat tanggul dan pipa pembangkit listrik tenaga mikro hidro rusak total terbawa arus banjir. Ada juga beberapa perkebunan warga setempat yang rusak.

Untuk diketahui, akses jembatan putus yang menghubungkan RT 01 dan 02 Desa Kamosope mengakibatkan perekonomian di desa tersebut lumpuh. Sebab di RT 01 itu terdapat pasar yang menjadi roda perekonomian delapan desa di Kecamatan Pasir Putih. Kedelapan desa tersebut adalah Desa Labulawa, Desa Liwu Metingki, Desa Bumbu, Desa Pola, Desa Wangguali, Desa Todanga, Desa Lambelu dan Desa Kamosope. (B)

 

Reporter : Kasman
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free